Kota Yogya

Antisipasi Kondisi Darurat, Pemkot Yogyakarta Keluarkan Perwal Cadangan Beras

Antisipasi Kondisi Darurat, Pemerintah Kota Yogyakarta Keluarkan Perwal Cadangan Beras

Antisipasi Kondisi Darurat, Pemkot Yogyakarta Keluarkan Perwal Cadangan Beras
labiotech.eu
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota Yogyakarta menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) terkait Cadangan Beras tahun 2019 ini.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan bahwa Perwal tersebut penting untuk menyiapkan cadangan pangan di Kota Yogyakarta dalam kondisi darurat.

"Fungsi cadangan beras ini adalah untuk kegawatdaruratan yang meliputi bencana alam, fluktuasi harga, dan bisa juga hal-hal lain yang mengharuskan pemerintah mengeluarkan beras seperti krisis pangan," bebernya, Rabu (20/3/2019).

Baca: Truk DLH Bantul Dikerahkan untuk Angkut Tanah dari Lokasi Longsor

Ia menjelaskan bahwa target cadangan beras dalam setahun yang disebutkan dalam Perwal tersebut adalah 120 ton dengan pertimbangan total jumlah penduduk.

Namun pengadaan tersebut dilakukan secara bertahap. Pasalnya untuk memenuhi kapasitas 120 ton, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 1,5miliar.

"Tahap pertama kita sediakan 20 ton dulu, akan kami realisasikan bulan ini. Ini karena kita masih harus mengetahui mekanismenya. Maka bertahap, tidak harus langsung 120 ton untuk tahun ini juga," ucapnya.

Baca: Pencarian Korban Longsor di Imogiri Dilanjutkan

Sugeng menjelaskan bahwa dengan adanya cadangan beras juga dibutuhkan tim pengelolaan cadangan beras. Tim tersebut lanjutnya merupakan pihak ketiga yang ditunjuk Walikota, bisa BUMD atau Bulog yang sifatnya on call.

"Kita harus kerjasama dengan pengelola yang dalam hal ini menyimpankan cadangan beras tersebut. Pengelola sudah ditawarkan ke BUMD Tarumartani. Tarumartani akan melakukan perputaran, entah dijual kemana atau kemana. Tapi ketika kami butuh, maka harus siap," ucapnya.(tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved