Bantul

Sudah Malam, Operasi Hari Kedua Pencarian Korban Tanah Longsor di Bantul Dihentikan

Sudah Malam, Operasi Hari Kedua Pencarian Korban Tanah Longsor di Bantul Dihentikan

Sudah Malam, Operasi Hari Kedua Pencarian Korban Tanah Longsor di Bantul Dihentikan
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Petugas mengeruk tanah di sekitar reruntuhan rumah yang diduga menjadi lokasi kejadian tertimbun. 

TRIBUNJOGJA.COM - Upaya pencarian terhadap dua korban hilang akibat tanah longsor di Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan esok hari

"[Pencarian dihentikan] karena kondisi cuaca. Melaksanakan pencarian pada malam hari juga tidak efektif. Kita harus antisipasi. Di samping menemukan korban. Kita juga pertimbangkan faktor keamanan personel. Mudah-mudahan besok membuahkan hasil," kata Komandan Kodim 0729/Bantul Letkol Kavaleri Didi Carsidi, ditemui saat memimpin operasi di lokasi bencana, Selasa (19/3/2019) sore.

Operasi pencarian hari kedua Didi mengatakan sudah mengerahkan segala komponen yang ada. Termasuk tambahan alat berat dan personel SAR dari sejumlah instansi.

Baca: Tim SAR Gabungan Temukan Reruntuhan Rumah Widodo, Dua Korban Belum Ditemukan

Bahkan, bantuan anjing pelacak dari Kepolisian juga sudah dikerahkan. Namun masih nihil.

Pihaknya mengaku masih kesulitan menerka-nerka dimana lokasi keberadaan korban. "Harapan evakuasi secepatnya akan membuahkan hasil," harap dia.

Tanah Tebal

Didi mengungkapkan sejumlah kesulitan yang dihadapi para personel dalam proses pencarian adalah medan yang berat berupa tanah gembur dan labil.

Selain itu, ketebalan tanah longsor yang menguruk rumah juga cukup dalam. "Dalamnya setinggi rumah, sekitar 4 sampai 5 meter," terang dia.

Meskipun belum berhasil ditemukan. Proses pencarian dihari kedua, petugas menggunakan alat berat sudah bisa menjangkau lokasi reruntuhan rumah korban.

Sejumlah barang perabotan seperti kasur, kursi dan alat tempat tidur telah berhasil ditemukan dan diangkat dari reruntuhan.

Baca: Tiga Cagar Budaya di DIY Ikut Terdampak Bencana Hidrometeorologi

Namun korban masih nihil. Didi optimis korban dalam waktu dekat bisa segera ditemukan.

Sebelumnya diketahui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bantul mengakibatkan tebing puluhan meter di Kedung Buweng RT 02, Desa Wukirsari, Imogiri Bantul longsor pada Minggu (17/3/2019) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Akibatnya dua rumah tertimbun. Dikabarkan ada tujuh orang. Tiga orang berhasil menyelamatkan diri sementara empat lainnya terjebak dalam longsor.

Satu orang berhasil selamat. Namun satu orang lainnya atas nama Trianoatmodjo (Sudariyah) berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. Dua orang dikabarkan masih hilang dan dalam proses pencarian.

Dua korban yang diduga masih terjebak didalam longsoran tanah diketahui bernama Eko Supratmi (45) dan Ruffi Kusuma Putri (9). (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved