Ratusan Hiu Mati Mendadak di Penangkaran, Pemilik Curiga dan Lapor ke Polisi

Sebanyak 110 ekor hiu, 20 ekor ikan kambing lebar, dan 10 ekor ikan tyger ditemukan mati. Pemilik melaporkannya ke Polda Jawa Tengah untuk diproses

Ratusan Hiu Mati Mendadak di Penangkaran, Pemilik Curiga dan Lapor ke Polisi
Kompas.com
Anakan hiu di kolam penangkaran di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa 

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan ikan hiu di sebuah penangkaran ikan di Karimunjawa dilaporkan mati mendadak.

Menurut Cun Ming (81), pemilik penangkaran, bahwa 110 ekor hiu, 20 ekor ikan kambing lebar, dan 10 ekor ikan tyger ditemukan mati pada Kamis (7/3/2019) sekitar pukul 04.00.

"Kejadiannya pas hari besar (tanggal merah). Dua kolam yang isinya hiu indukan, semua yang ada di kolam itu mati," ungkap Cun Ming, Selasa (19/3/2019).

Menurut sang pemilik, peristiwa seperti ini baru terjadi kali ini dalam 50 tahun berdirinya penangkaran yang terletak di Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah ini.

Merespons kejadian tersebut, Cun Ming pun melaporkannya ke Polda Jawa Tengah untuk diproses dengan jalur hukum.

Cun Ming juga membawa sampel air kolam dan ikan yang mati untuk diuji di dalam laboratorium ikan di Jepara. Tujuannya adalah untuk mencari tahu penyebab pasti kematian ratusan ikan tersebut.

"Katanya ikan besar seperti hiu tidak mungkin mati mendadak. Itu bukan penyakit, ada orang yang tidak senang," ujarnya.

Mengutip dari Kompas.com, penangkaran dengan nama Hiu Kencana ini menjadi satu-satunya penangkaran hiu di dunia. Pasalnya, bukanlah hal yang mudah membuat predator ini jinak dan dapat lebih bersahabat dengan manusia.

Wisatawan hingga peneliti dari berbagai perguruan tinggi dan asing pun seringkali datang untuk melakukan berbagai penelitian.

Awalnya hanya menangkarkan hiu, tetapi dengan berjalannya waktu, ia juga menangkarkan berbagai spesies ikan hingga penyu. (Kompas.com)

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved