Nasional

Amankan Pemilu, KSAU Siapkan Paskhas dan 12 Pesawat Hercules

Yuyu menjelaskan, penyiapan armada pesawat ini merujuk pada rencana operasi pengamanan yang dibuat oleh Mabes TNI

Amankan Pemilu, KSAU Siapkan Paskhas dan 12 Pesawat Hercules
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan Nugroho
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM (tengah) saat mengunjungi Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito Yogyakarta, Senin (18/3/2019) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE, MM mengaku telah menyiapkan 12 armada pesawat Hercules untuk mengamankan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, April mendatang.

Hal ini disampaikan disela kunjungannya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S Hardjolukito Yogyakarta, Senin (18/3/2019) sore.

Yuyu menjelaskan, penyiapan armada pesawat ini merujuk pada rencana operasi pengamanan yang dibuat oleh Mabes TNI dalam hal ini yakni Panglima TNI yang berwenang untuk menggunakan kekuatan.

"Kita siapkan pesawat angkut untuk memobilisasi pasukan sebanyak 12 pesawat hercules jika sewaktu-waktu dibutuhkan," kata Yuyu kepada media.

Baca: HUT ke 71 TNI, Denhanud 474 Paskhas Yogyakarta Adakan Berbagai Kegiatan

Selain itu, untuk memudahkan mobilisasi pihaknya juga akan menyiapkan armada Hercules tersebar di beberapa titik di Indonesia.

Mulai dari timur, tengah dan barat.

"Kita akan tempatkan hercules di jayapura, (Indonesia) bagian tengah dan barat sehingga untuk memobilisasi bisa segera selain di Jakarta dan Malang," tuturnya.

Baca: Ini Makna Kemerdekaan bagi Komandan Detasemen Pertahanan Udara 474 Paskhas

Tak hanya hercules, TNI AU juga telah menyiagakan beberapa pesawat termasuk Boeing dan pesawat tipe CN.

Tak hanya armada, pasukan elit milik TNI AU, Pashkas juga disiagakan dibeberapa daerah.

"Pashkas juga kita siapkan untuk bko Polri dibawah Komando Panglima, pasukan yang ada di Lanud juga kita siapkan sesuai dengan tingkat kesiapan yang diberikan oleh panglima TNI," lanjutnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved