Bisnis

XL Axiata Perkuat Infrastruktur Jaringan di Wilayah Pariwisata

PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) terus memperkuat pembangunan infrastruktur jaringannya guna mendukung pengembangan potensi ekonomi daerah termasuk bida

XL Axiata Perkuat Infrastruktur Jaringan di Wilayah Pariwisata
istimewa
PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) terus memperkuat pembangunan infrastruktur jaringannya guna mendukung pengembangan potensi ekonomi daerah termasuk bidang pariwisata. 

TRIBUNJOGJA.COM - PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) terus memperkuat pembangunan infrastruktur jaringannya guna mendukung pengembangan potensi ekonomi daerah termasuk bidang pariwisata.

Dengan segudang keindahan alam yang tersimpan, keberadaan sarana dan infrastruktur pendukung digital diharapkan mampu mendorong berkembanganya sektor pariwisata terutama di daerah.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengoptimalkan pembangunan dan memperluas jaringan data serta internet cepat hingga ke pelosok daerah sehingga masyarakat dan pemerintah daerah bisa memanfaatkan dengan maksimal.

Baca: XL Axiata Hadirkan Jaringan 4G di Kepulauan Anambas Kepulauan Riau

"Tahun ini kami telah menganggarkan belanja modal senilai Rp7,5 triliun dan 80% di antaranya akan dipergunakan untuk pembangunan jaringan data berkualitas, termasuk di luar Jawa," kata Yessie dalam keterangannya, Senin (18/3/2019).

Dengan infrastruktur jaringan data dan internet cepat sebagai salah satu penopang utama diharapkan sejumlah dampak ekonomi di daerah juga ikut terdorong, sehingga daerah dapat memperoleh nilai tambah serta mengembangkan potensi ekonomi setempat.

Di lain sisi, dalam beberapa tahun terakhir dengan era yang serba digital para pelancong baik dalam dan luar negeri telah terbantu dengan memanfaatkan jaringan data dan internet dalam memperoleh informasi destinasi baru.

Jika dulu masyarakat hanya mengenal beberapa destinasi wisata seperti halnya Bali, Borobudur, maupun Danau Toba, kini melalui akses yang luas melalui sosial media beragam lokasi tujuan wisata baru bermunculan di pelosok-pelosok daerah yang sebelumnya kurang dikenal.

Baca: Kominfo Gandeng XL Axiata Kembangkan Wahana Belajar Digital “Pojok Pintar Sisternet”

"Wisatawan juga semakin mengenal budaya Indonesia yang sangat beragam, termasuk produk kuliner. Lewat teknologi digital dan jaringan data yang berkualitas masyarakat juga dimudahkan untuk mengenal potensi wisata di berbagai daerah," tambah Yessie.

Layanan di Banyuwangi

Salah satu diantaranya adalah Banyuwangi. Wilayah ini menjadi satu diantara daerah lain yang sukses mengembangkan potensi pariwisatanya dengan memanfaatkan sarana digital sebagai promosi.

Sejalan dengan itu, penggunaan layanan XL Axiata di wilayah tersebut juga menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Sepanjang 2017 lalu, tercatat lalu lintas penggunanya layanan naik menjadi 92%.

Saat ini pengguna layanan data XL Axiata di Banyuwangi mencapai 300 ribu pengguna dengan ditopang oleh lebih dari 185 Base Transceiver Station (BTS) atau infrastruktur telekomunikasi 4G dan 315 BTS 3G.

"Kami yakin pertumbuhan trafik data di daerah ini akan terus tinggi di masa mendatang mengingat terus berkembangnya ekonomi daerah, dengan pariwisata sebagai salah satu penopang utamanya. Pada tahun ini, kami juga akan perluas jaringan 4G XL Axiata untuk meningkatkan akses bagi para pengunjung," pungkas Yessie. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved