Pendidikan

UMY Gelar Seminar Technopreneur Why Should You Do Startup Right Away

Pada acara ini juga dilaksanakan peluncuran program Start Up Run UMY yang dinaungi oleh SEBI UMY bekerja sama dengan TBF.

UMY Gelar Seminar Technopreneur Why Should You Do Startup Right Away
istimewa
Fahrudin Hasan selaku Founder & CEO dari Ichibot saat menyampaikan paparan materi dalam seminar dengan tema technopreneur bertajuk 'Why Should You Do Startup Right Away', Senin (18/3/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY bekerjasama dengan Tebar Bisa Foundation (TBF) menggelar seminar dengan tema technopreneur bertajuk 'Why Should You Do Startup Right Away',  dan Senin (18/3/2019).

Donni Prabowo selaku Business and Partnership Director di Amikom Business Park menjelaskan, dalam memulai startup aspek paling penting adalah menentukan tujuan.

Menurutnya, startup bukan hanya sekedar bisnis yang menjadikan profit sebagai tujuan utama, tapi juga merupakan sebuah usaha untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat kita.

"Merupakan peluang besar bagi anda karena negara ini merupakan sebuah wilayah yang sangat besar dengan banyak 'masalah' yang harus diselesaikan. Awali dengan berempati dengan 'masalah' tersebut dan cobalah untuk mendefinisikannya dengan sejelas mungkin, mulai dari akar masalah hingga solusi awal yang anda miliki," ujarnya.

Donni menjelaskan ketika masalah sudah teridentifikasi dengan jelas, baru dilanjutkan dengan merumuskan ide startup dan kemudian memproduksi purwa rupa yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna

Proses riset yang dilakukan startup dalam menghasilkan produk yang solutif adalah melalui trial and error serta respon dari customer.

Input yang didapatkan dari percobaan tersebut yang kemudian jadi bahan untuk melakukan perbaikan dan inovasi.

Baca: 2 Dosen UMY Gali Potensi Desa Melalui Media Film

"Intinya jangan berasumsi, selalu lakukan validasi, baik dari masalah, pasar, produk, bahkan kemauan untuk membayar produk yang kita hasilkan," jelasnya.

Fahrudin Hasan selaku Founder & CEO dari Ichibot, sebuah startup yang memproduksi mainan untuk anak muda mengatakan, startup tersebut berawal dari perhatian terhadap perkembangan teknologi digital yang berkembang dalam industri mainan

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved