Peringatan BMKG bagi Nelayan, Gelombang Tinggi di Perairan hingga 21 Maret 2019

Peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG ini berlaku hari ini (18/3/2019) hingga Kamis, 21 Maret 2019.

Peringatan BMKG bagi Nelayan, Gelombang Tinggi di Perairan hingga 21 Maret 2019
Kompas.com/Iqbal Fahmi
Perahu nelayan menerjang gelombang tinggi di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter milik Kepala BMKG, Dwikora Karnawati mengeluarkan imbauan atas adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

Berdasarkan kicauan dalam akun yang sama, tertulis bahwa peringatan dini gelombang tinggi berlaku hari ini (18/3/2019) hingga Kamis, 21 Maret 2019.

Baca: Sutopo: 2 Hari ke Depan Waspadai Banjir dan Longsor di Wilayah Yogyakarta

Tinggi gelombang pun terbagi menjadi dua kategori, yakni 1,25 - 2,50 meter dengan status waspada dan 2,50 - 4,0 meter dengan status berbahaya.

Peringatan Dini Gelombang Tinggi
Peringatan Dini Gelombang Tinggi (BMKG)

BMKG juga mengeluarkan saran keselamatan bagi penyedia jasa pelayaran maupun para nelayan sesuai dengan kemampuan kapal yang digunakan.

Tidak hanya itu, masih melalui media yang sama, BMKG juga mengimbau agar masyarakat yang berdomisili di kawasan pantai dan masyarakat yang akan beraktivitas di pantai—yang masuk dalam area terdampak—untuk selalu waspada.

Terkait dengan hal tersebut, masyarakat juga harus waspada terhadap adanya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Untuk mencari informasi yang benar, masyarakat dapat menghubungi nomor yang tertera pada imbauan di atas. (G hisma Adinaya/NGI)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved