Harlah NU di Gresik, Kiai Ma’ruf Amin Ajak Nahdliyin Jaga NKRI dan Perangi Hoaks

Kiai Maruf Amin dia tetap menghadiri peringatan Harlah NU di Gresik lantaran tidak ingin mengecewakan pihak yang mengundang.

Harlah NU di Gresik, Kiai Ma’ruf Amin Ajak Nahdliyin Jaga NKRI dan Perangi Hoaks
Kompas.com/HAMZAH
KH Maruf Amin saat menghadiri peringatan Harlah NU ke-93 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (1832019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Usai menghadiri debat kandidat calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu (17/3/2019) malam, Cawapres KH Ma’ruf Amin datang ke Gresik untuk menghadiri peringatan Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-93 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (18/3/2019).

Ma’ruf mengatakan ia memang dalam kondisi kecapekan usai menghadiri debat cawapres Minggu malam. Namun, dia tetap menghadiri peringatan Harlah NU di Gresik lantaran tidak ingin mengecewakan pihak yang mengundang.

“Saya memang capek, tadi malam masih debat. Tapi kalau kader NU, kalau NU memerlukan, saya harus siap hadir memenuhi undangan,” ujar Ma’ruf berpidato di hadapan ribuan kader NU yang hadir di Stadion Gelora Joko Samudro, Senin.

“Apalagi NU Gresik. Kenapa? Karena saya yakin di Gresik pasangan Jokowi (Joko Widodo)-Ma’ruf Amin akan menang dengan telak,” ucap Ma’ruf yang kemudian disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Terlebih sebagai kader NU, Ma’ruf juga merasa berkepentingan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman perpecahan.

“Kita sebagai orang NU memang selalu menjaga NKRI. Dengan cara melakukan pengawalan, dengan cara-cara istighasah, berdoa kepada Allah supaya NKRI tetap dijaga. Karena ada orang yang mengatakan NKRI akan bubar, boleh apa tidak? Tidak boleh bubar dan tidak akan bubar,” kata dia.

Ma’ruf juga menyebut bahwa kabar mengenai punahnya NKRI merupakan berita yang tidak benar (hoaks).

Bahkan ia mengibaratkan, kata-kata punah tidak sepantasnya karena itu layaknya hewan dinosaurus.

“Ada yang mengatakan NKRI akan punah, NKRI tidak akan punah dan tidak boleh punah,” tegas Ma’ruf.

“Memangnya dinosaurus apa, kok punah. Karena bagi kita, NKRI harga mati,” ucap Ma’ruf yang lagi-lagi disambut tepuk tangan para hadirin.

Di hadapan kader NU yang memadati stadion Gelora Joko Samudro, Ma’ruf berjanji dan mengajak para hadirin untuk mengawal keutuhan NKRI supaya tidak terjadi perpecahan, apalagi di tengah banyaknya kabar hoaks dan fitnah.

“Inilah masalahnya, untuk itu kita kawal terus jangan sampai NKRI pecah,” kata dia. (Hamzah Arfah)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Capek usai Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Tetap Hadiri Harlah NU di Gresik"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved