Kota Yogyakarta

Enam Laporan Kejadian Masuk Seusai Hujan Deras di Kota Yogyakarta

Dampak hujan deras yang mengguyur selama seharian penuh masih berlanjut hingga Senin siang.

Enam Laporan Kejadian Masuk Seusai Hujan Deras di Kota Yogyakarta
istimewa
Petugas BPBD Kota Yogyakarta saat berada di lokasi kejadian talud longsor di Jatimulyo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hujan deras yang berlangsung terus menerus selama satu hari kemarin, Minggu (18/3/2019) menimbulkan setidaknya 6 laporan kejadian di wilayah Kota Yogyakarta yang masuk ke BPBD Kota Yogyakarta hingga Senin (18/3) siang.

Kepala Seksi Darurat Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Bayu Wijayanto menjelaskan bahwa laporan pertama berupa kejadian pohon tumbang jenis Waru di Parkiran sisi timur Gembira Loka sekira pukul 18.00.

"Pohon milik warga diameternya 40cm tingginya 4 meter. Dampaknya menutup akses jalan, menimpa jaringan kabel telepon, dan menimpa pagar parkiran," bebernya, Senin (18/3/2019).

Baca: Sutopo: 2 Hari ke Depan Waspadai Banjir dan Longsor di Wilayah Yogyakarta

Bayu mengatakan selain pohon tumbang, kejadian lainnya adalah adanya genangan air setinggi 40cm seusai hujan deras yang terjadi di Cleban Kelirahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

"Terdampak 2KK dengan 8 jiwa. Tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Selanjutnya yakni sumur ambles milik warga di Surokarsan Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Terdampak yakni 2 KK 9 jiwa dan dapur ukuran 2x4 m².

"Kemudian laporan yang masuk pada Minggu malam yakni talud ambles di Sambirejo Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede. Panjang 5 meter, lebar 1,5 meter, dan ketinggian 2 meter," tandasnya.

Baca: BPBD DIY Sebut Ada 5.046 Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor, Imogiri dan Pundong Paling Parah

Dampak hujan deras yang mengguyur selama seharian penuh masih berlanjut hingga Senin siang.

Setidaknya terdapat dua laporan kejadian yakni talud longsor di Jlagran, Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengan dan di Jatimulyo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo.

"Talud longsor di Jlagran panjang 20 meter, tinggi 10 meter, dan lebar 2 meter. Terdampak rumah warga dan Mushola," ucapnya.

Sementara di Jatimulyo, talud yang longsor yakni panjang 13 meter, tinggi 8 meter, dan lebar 3 meter. Terdampak rumah warga.

"Tapi masih ada jarak dari rumah warga ke talud. Tidak terlalu membahayakan warga dengan kejadian ini," ucapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved