Polisi Kembali Tangkap 2 Terduga Teroris Lainnya di Sibolga

Dua terduga teroris kembali ditangkap tim Densus 88 Anti-teror Polri sebagai pengembangan dari penangkapan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah

Polisi Kembali Tangkap 2 Terduga Teroris Lainnya di Sibolga
Ilustrasi penggerebekan teroris oleh Densus 88 

TRIBUNJOGJA.COM - Dua terduga teroris kembali ditangkap tim Densus 88 Anti-teror Polri sebagai pengembangan dari penangkapan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah (AH) di Sibolga, Sumatera Utara.

Kedua terduga teroris itu adalah AK alias Ameng dan P atau Ogel, dan ditangkap di Sibolga, pada Selasa (12/3/2019).

"Dari hasil pengembangan Saudara AH, aparat Densus dan Polda mengamankan juga laki-laki bernama AK alias Ameng," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, saat konferensi pers di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Baca: Polisi Temukan Empat Bom dan 30 Kg Bahan Peledak di Rumah Teroris Sibolga

Dedi menjelaskan, AK berperan menyumbang dana sebesar Rp 15 juta untuk membeli kebutuhan perakitan bom.

Bom bunuh diri yang dilakukan istri terduga teroris Sibolga hanya berjarak 300 meter dari Pelabuhan yang akan diresmikan Presiden Jokowi. 


Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul Ameng Terduga Teroris Sibolga Simpan 300 Kilogram Bahan Pembuat Bom, Begini Cara Dia Menyimpan, http://jambi.tribunnews.com/2019/03/13/ameng-terduga-teroris-sibolga-simpan-300-kilogram-bahan-pembuat-bom-begini-cara-dia-menyimpan.

Editor: suang
Bom bunuh diri yang dilakukan istri terduga teroris Sibolga hanya berjarak 300 meter dari Pelabuhan yang akan diresmikan Presiden Jokowi. 

Dari AK, polisi menyita satu buah bom rompi yang berisi 10 buah bom elbow, dan satu kardus berisi bahan peledak yang masih dalam proses identifikasi.

Baca: Istri Teroris Sibolga Bunuh Diri dengan Meledakkan Bom, Polisi Belum Bisa Evakuasi

Sementara itu, terduga teroris berinisial P atau Ogel berperan dalam proses perencanaan dan menyimpan logistik.

"Yang bersangkutan (P) berperan juga ikut aktif dalam merencakan amaliyah yang akan dilakukan oleh AH dan dua temannya tersebut. Kemudian perannya juga menyimpan bahan-bahan peledak yang akan digunakan oleh tersangka AH," kata Dedi.

Rumah tempat bom bunuh diri yang dilakukan terduga teroris di Sibolga yang rata dengan tanah.
Rumah tempat bom bunuh diri yang dilakukan terduga teroris di Sibolga yang rata dengan tanah. (IST)

Dedi menyebutkan, pihak kepolisian masih terus mendalami kasus tersebut.

AH diduga tergabung dalam jaringan yang berafiliasi dengan ISIS. Penangkapannya merupakan pengembangan dari penangkapan seorang terduga teroris di Lampung, Sabtu (9/3/2019). (Devina Halim)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Husain, Polisi Tangkap 2 Terduga Teroris Lainnya di Sibolga"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved