Hotline Public Service

Perbedaan Izin Hotel Melati dan Pondokan

Terimakasih atas pertanyaannya. Sesuai dengan Perda nomor 1 Tahun 2017, untuk pondokan secara prinsip sewanya secara normatif harus

Perbedaan Izin Hotel Melati dan Pondokan
tribunnews.com
Ilustrasi perizinan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Apa bedanya ijin hotel melati dan pondokan? Karena di Sosrokusuman, Kel Suryatmajan banyak ijin pondokan tetapi operasionalnya sama dengan hotel. Sekiranya melanggar aturan mohon ditertibkan. Terimakasih

+628156855XXX

Terimakasih atas pertanyaannya. Sesuai dengan Perda nomor 1 Tahun 2017, untuk pondokan secara prinsip sewanya secara normatif harus 1 bulan atau 30 hari. Kalau kurang dari 30 hari secara aturan ijinnya pondokan tidak boleh.

Kalau hotel di luar itu, bisa disewa perjam ataupun harian. Kalau hotel ada yang berbintang dan non bintang. Pada prinsipnya tidak boleh kalau pondokan digunakan kurang dari 30 hari.

Baca: Melatih Burung Paruh Bengkok Mengenali Owner

Selain itu, juga harus terpisah putra-putri. Secara garis besar yang membedakan antara pondokan putra dan putri harus ada induk semang yang tinggal disitu atau paling jauh mepet perbatasan langsung dengan lokasi.

Kalau untuk pondokan juga harus ada tata tertib yang diketahui RT/RW. Nanti kalau ada apa-apa bisa diketahui.

Untuk ijin pemondokan yang mengeluarkan kecamatan dan mulai dari 2019 ini untuk pondokan pengawasan dari kecamatan, ini dilaksanakan oleh PUPKP untuk IMB, sudah sesuai belum dengan yang ada digambar saat didaftarkan.

Kalau dulu dari hulu hilirnya dari ijin dan pengawasan dari kami. Sekarang kita masih masa transisi dimana sesuai keputusan Presiden semua perijinan di daerah harus satu pintu. Kita saat ini sedang dalam masa transisi dan masih kita bahas.

Baca: Ada Hotel Bekedok Pondokan atau Kos

Untuk penyalahgunaan, kita akan lihat, bisa jadi pondokan itu belum berijin.

Kalau secara normatif semua bangunan harus berijin tetapi kita tidak menutup mata bahwa beberapa ada yang tidak ada ijinnya. Masukan akan kita tindaklanjuti, koordinasi dengan OPD Teknis.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved