Breaking News:

Sleman

Dinkes Sleman Menargetkan Temuan 1.800 Kasus TBC

Hal itu dilakukan karena selama ini masih banyak penderitan TBC yang belum tercatat.

Penulis: Santo Ari | Editor: Ari Nugroho
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman menargetkan penemuan kasus penyakit Tuberculosis (TBC) di Sleman pada 2019 sebanyak 1.800 kasus.

Hal itu dilakukan karena selama ini masih banyak penderitan TBC yang belum tercatat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Dulzaini mengatakan pada tahun lalu, pihaknya menemukan ada 1.013 kasus TBC di Kabupaten Sleman.

Sementara sampai bulan Februari 2019 masih belum divalidasi namun demikian, pihaknya berencana untuk menemukan lebih banyak lagi temuan kasut TBC.

Baca: Dubes Amerika: Jutaan Jiwa jadi Korban Tuberculosis, Ancaman Serius yang Harus Diberantas

"Di Sleman masih banyak penderita TBC yang belum tercatat. Padahal semakin banyak kasus TBC yang ditemukan, maka otomatis akan bisa diobati sehingga tidak menularkan ke orang lain," ujarnya.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar agar waspada jika batuk selama dua pekan berturut-turut disertai dahak.

Gejala lain adalah berat badan terus turun, nafsu makan berkurang, demam tapi tidak tinggi dan badan mengeluarkan keringat dingin saat malam hari.

"Silahkan datang ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pengecekan. Karena obat gratis dan ditanggung pemerintah," paparnya.

Baca: Ini Siasat Ganjar Pranowo Tekan Tingginya Kasus Tuberculosis di Jawa Tengah

Senada dengan itu, Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Sleman Novita Krisnaeni memaparkan, selama proses pengobatan para penderita TBC biasanya mendapat pendampingan yang dilakukan keluarga, kader kesehatan di lingkungan setempat atau petugas kesehatan yang lain.

Pendamping itu dimaksudkan untuk memastikan penderita sudah mengkonsumsi obat dengan teratur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved