Gunungkidul

Bawaslu Gunungkidul Tertibkan Ribuan APK

Bawaslu Kabupaten Gunungkidul tertibkan ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai aturan.

Bawaslu Gunungkidul Tertibkan Ribuan APK
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
Bawaslu Gunungkidul bersama Satpol PP Gunungkidul saat melakukan penertiban APK di daerah Siraman, Wonosari, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul tertibkan ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai aturan.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Is Sumarsono mengatakan ada beberapa hal yang difokuskan dalam penertiban pada Selasa (12/3/2019) adalah APK yang dipasang pada fasilitas umum dan APK yang telah mengalami kerusakan.

"Kami hari ini akan berencana menertibkan sebanyak 2593 buah APK diseluruh Gunungkidul. Dengan rincian 797 buah baliho, spanduk ada 176 buah, 7 buah umbul-umbul, untuk bendera ada 1112 buah, rontek 463 buah, dan banner ada 38 buah," paparnya.

Baca: Satu Bulan Jelang Pemilu, 3.048 Warga Gunungkidul Belum Rekam E-KTP

Ia menuturkan kegiatan tersebut direncanakan akan dilakukan dalam waktu dua hari, dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan juga Satuan Polisi Pamong Praja Gunungkidul yang akan menertibkan hingga tingkat desa.

Saat melakukan penertiban banyak partai politik, maupun caleg yang memasang alat peraga yang melanggar yaitu memasang di fasilitas umum berupa tiang listrik atau pemasangan di papan reklame.

"Selain menertibkan di daerah tersebut kami juga menertibkan APK yang sudah rusak sehingga menggangu estetika dan keamanan masyarakat," ucapnya.

Baca: Bawaslu Gunungkidul Awasi Pelipat Surat Suara dan Lokasi Tempat Penyimpanan Surat Suara

Sementara itu kepala Satpol PP Gunungkidul, Dwi Warna Widi Nugraha, mengatakan pihaknya siap membantu jika diperlukan oleh Bawaslu Gunungkidul.

Pihaknya juga telah menyiapkan personil dan armada.

"Kami siap untuk membantu untuk menertibkan APK," tegasnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan untuk pemasangan alat peraga kampanye telah tertuang di Surat Keputusan (SK) KPU Gunungkidul nomor 69.

"Ada beberapa aturan seperti tidak diperbolehkan dipasang di tiang bendera milik pemerintah, Tidak menutupi dan mengganggu fungsi rambu lalu lintas dan alat pemberi isyarat lalu lintas yang terpasang," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved