Magelang

Atasi Kesulitan Air Bersih, Kementerian ESDM Bangun Sumur Bor di Krinjing Magelang

Atasi Kesulitan Air Bersih, Kementerian ESDM Bangun Sumur Bor di Krinjing Magelang

Atasi Kesulitan Air Bersih, Kementerian ESDM Bangun Sumur Bor di Krinjing Magelang
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Hufron Asrofi, (berseragam biru), ditemani Kepala DPRKP Kabupaten Magelang, Sutarno, Selasa (12/3/2019) saat meresmikan sumur bor di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan pembangunan sumur bor di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Selasa (12/3/2019).

Sumur sedalam 126 meter ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat desa setempat terlebih saat kekeringan melanda di musim kemarau.

"Air ini kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat, tetapi memang ada daerah-daerah yang masih mengalami kesulitan air bersih, baik karena kondisi alam maupun karena terbatasnya kemampuan pendanaan untuk memperoleh air. Salah satunya di Desa Krinjing ini. Sumur bor ini kami harapkan dapat dimanfaatkan warga," ujar Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Hufron Asrofi, Selasa (12/3/2019) saat meresmikan sumur bor di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang.

Baca: Pemilik Usaha di Selatan NYIA Tolak Penggusuran, Petambak Udang Nekad Tebar Benih Meski Dilarang

Baca: Personel Linmas Kecamatan Pakem Siap Membantu Amankan Pemilu

Hufron mengatakan, Kementerian ESDM melalui Badan Geologi memiliki fungsi dalam pelayanan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan penyediaan sarana air bersih. Upaya yang terus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan pengeboran air tanah di daerah-daerah yang dinilai sulit air.

Hingga akhir tahun 2018 telah berhasil terbangun 2.290 titik sumur bor di Indonesia yang ada di 33 provinsi dan 312 kabupaten.

Di Jawa Tengah, ada 367 unit sumur bor yang terbangun di 31 kabupaten/kota. Untuk di Kabupaten Magelang telah terbangun 28 unit sumur bor yang tersebar di 25 desa atau kelurahan.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved