Breaking News:

Pendidikan

Prodi Kimia UII Raih Akreditasi Internasional dari RSC Inggris

Dengan terakreditasinya prodi S1 Kimia UII oleh RSC, maka prodi S1 Kimia UII memiliki kuaIitas yang setara dengan universitas ternama.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Program Studi S1 Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menjadi program studi kimia pertama Perguruan Tinggi Swasta yang mendapatkan akreditasi internasional dari The Royal Society Chemistry (RSC), London, Inggris. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Program Studi S1 Kimia Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menjadi program studi kimia pertama Perguruan Tinggi Swasta yang mendapatkan akreditasi internasional dari The Royal Society Chemistry (RSC), London, Inggris.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, RSC adalah organisasi internasional yang berbasis di Cambridge, London, Inggris yang memiliki komitmen untuk memajukan ilmu kimia.

Rektor UII, Fathul Wahid mengatakan, UII merupakan Prodi Kimia ke-4 di Indonesia yang mendapat akreditasi Internasional RSC dan satu-satunya Prodi Kimia swasta pertama di Indonesia yang dapat akreditasi ini.

Baca: Terlambat Lapor SPT Pajak, Begini Cara Bayar Dendanya

Baca: PBTY Telah Usai, Capaian Tertinggi Masuk Wonderful Indonesia

Dengan terakreditasinya prodi S1 Kimia UII oleh RSC, maka prodi S1 Kimia UII memiliki kuaIitas yang setara dengan universitas ternama.

"Perjalanan panjang untuk meraih akreditasi ini sekitar lima tahun. Ini membuktikan Prodi Kima UII bisa disetarakan dengan universitas maju sekalipun di negara maju. Selain meningkatkan rekognisi kita bisa memberikan semacam bukti lulusan kita  berkualitas internasional," katanya saat menggelar jumpa pers, Senin (11/3/2019).

Selain itu, lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas unggul yang siap bersaing di pasar global.

Baca: UII Sediakan Program Beasiswa S1 Unggulan Pondok Pesantren

Akredirasi RSC yang diterima oleh S1 kimia UII berlaku selama lima tahun yakni sampai dengan tahun 2025. 

Prodi Kimia FMIPA UII telah melakukan evaluasi dan revisi kurikulum pembelajaran agar sesuai dengan kriteria standar RSC yang menitikberatkan pada kedalaman dan keluaasan materi dalam proses pembelajarannya.        

"Proses evaluasi berkas kurikulum sudah dilakukan tahun lalu oleh tim professional dari RSC, kemudian dilanjutkan dengan visitasi dan dilakukan perbaikan kunkulum sesuai dengan masukan dari RSC, hingga akhirnya dinyatakan terakreditasi," ujarnya.

Baca: BSM Salurkan Beasiswa Senilai Rp100 Juta Untuk 50 Mahasiswa UII Yogyakarta

Keuntungan yang diperoleh dari akreditasi internasional ini yakni pembentukan jejaring dan kolaborasi internasional, memberikan kepercayaan kepada alumni dan pengguna alumni di pasar kerja global.

Selain itu juga membuka kesempatan untuk menerima mahasiswa asing, mentoring dan RSC dalam menyusun kurikulum.

"Untuk internasionalisasi, UII ada beberapa kanal, seperti akreditasi, sertifikasi, mengembangkan beragam program gelar ganda dengan mitra luar negeri kita," kata dia. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved