Kulon Progo

Hasto Ingin Produk Lokal Kuasai Gerai Komersial di NYIA

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bertekad agar banyak gerai komersial di dalam New Yogyakarta International Airport bisa dikuasai pengusaha lokal.

Hasto Ingin Produk Lokal Kuasai Gerai Komersial di NYIA
Dok AP 1
Progres pembangunan terminal internasional NYIA hingga awal Februari 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bertekad agar banyak gerai komersial di dalam New Yogyakarta International Airport (NYIA) bisa dikuasai pengusaha lokal. Sehingga, perkembangan produk lokal kian tinggi.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan semestinya produk lokal dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa menguasai gerai di dalam bandara tersebut ke depannya sebagai bagian dari upaya mengangkat produk masyarakat Kulon Progo.

Ia meyakini, dengan status bandara international, NYIA sanggup mendongkrak popularitas produk Kulon Progo sehingga kapasitas usahanya juga akan semakin meningkat

"Untuk tryout tahap awal, mungkin hanya ada lima booth yang tersedia untuk produk lokal. Tapi, begitu masuk 2020, banyak yang akan kita kuasai. Plotting-nya bisa UMKM dan non UMKM," kata Hasto, Minggu (10/3/2019).

Baca: Sharing Economy Lion Parcel dengan Kereta Api Logistik

Baca: Hyatt Siapkan Rangkaian Kegiatan Sambut Hari Bumi

PT Angkasa Pura I selaku pengelola NYIA memang menjanjikan untuk menyediakan lima gerai komersial untuk menampung produk-produk UMKM Kulon Progo maupun daerah lain di DIY pada tahap awal operasional bandara baru itu.

Menyiasati terbatasnya ruang bagi UMKM itu, Hasto menyebut pihaknya telah melobi pengelola bandara agar toko modern ciptaan Pemkab Kulon Progo, Toko Milik Rakyat (ToMiRa) bisa hadir di dalam area utama bandara.

Toko itu nantinya juga akan menjual produk-produk lokal Kulon Progo, termasuk batik dan aneka kerajinan. Pihaknya juga akan berusaha menggandeng sponsor tertentu untuk berbagi menanggung biaya sewa gerai yang tentunya tidak murah .(tribunjogja)

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved