Pendidikan

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ingatkan Generasi Muda untuk Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 

Peran aktif anggotanya, yang seluruhnya berusia belia, atau tergolong sebagai pemilih pemula, begitu krusial dalam pesta demokrasi tahun ini.

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ingatkan Generasi Muda untuk Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 
istimewa
Seminar Kebangsaan "Pelajar Mewujudkan Kedamaian", bersama Anggota DPD RI Dapil DIY, Muhammad Afnan Hadikusumo, di Kantor DPD RI Perwakilan DIY, Jumat (8/3). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mengimbau para anggotanya dan generasi muda pada umumnya, untuk ikut berperan aktif dalam pesta demokrasi, baik Pileg, maupun Pilpres mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan Nurcahyo Yudi Hermawan, di sela seminar kebangsaan, yang mengambil tema "Pelajar Mewujudkan Kedamaian", bersama Anggota DPD RI Dapil DIY, Muhammad Afnan Hadikusumo, di Kantor DPD RI Perwakilan DIY, Jumat (8/3/2019).

"Kami ada grup whatsapp di setiap ranting, untuk ikut berpartisipasi aktif di Pemilu nanti. Ya, Kita advokasi, agar sosialisasi jelang Pemilu ini tercapai," katanya.

Baca: UMY Kenalkan Sosok Djarnawi Hadikusumo pada Kader Muhammadiyah

Nurcahyo mengungkapkan, peran aktif anggotanya, yang seluruhnya berusia belia, atau tergolong sebagai pemilih pemula, begitu krusial dalam pesta demokrasi tahun ini.

Sehingga, jangan sampai kaum milenial ini, tidak menggunakan hak pilihnya.

"Tidak golput, tapi juga cerdas dalam memilih. Karena itu, kita juga adakan diskusi bulanan bertema 'Dialog Gue' sejak Januari, lalu kita inisiasi gerakan milenial cerdas memilih juga," terangnya

Baca: Muswil, Tanggung Jawab Pemuda Muhammadiyah Harus Bisa Wujudkan Dakwah Menggembirakan

"Nah, melalui agenda-agenda itu, kita sosialisasikan semua calon, yang kita download dari website resmi KPU (Komisi Pemilihan Umum)," imbuh Nurcahyo.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPD RI Dapil DIY, Muhammad Afnan Hadikusumo mengungkapkan, pelajar Muhammadiyah harus menjaga netralitas di Pemilu mendatang.

Akan tetapi, ia mengingatkan, hak pilih tetaplah harus dimanfaatkan.

"Tidak hanya kondusif pembelajaran, melainkan juga kenetralitasan di masa kampanye dan Pemilu nanti. Ya, pelajar Muhammadiyah harus menjaga netralitas, tapi tetap berkontribusi, jangan golput," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved