Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul : Kelok 18 Batal Dibangun Tahun Ini

Anggaran yang semula untuk membangun Jembatan Girijati (kelok 18) dipindahkan ke pembangunan underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Pemkab Gunungkidul : Kelok 18 Batal Dibangun Tahun Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pembangunan kelok 18 dipastikan tidak akan terealisasi pada tahun ini.

Hal ini dikarenakan adanya pengalihan anggaran yang semula untuk membangun Jembatan Girijati (kelok 18) dipindahkan ke pembangunan underpass New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Hal tersebut dikemukakan oleh Satuan Kerja (Satker), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Nina, saat dihubungi Tribunjogja.com melalui pesan singkat, Senin (4/3/2019).

Baca: On Trend: 6 Gaya Mix and Match Koleksi Terbaru Gaudi Clothing

"Karena saat ini lebih mendesak pembangunan di Underpass NYIA, kalau untuk anggaran kurang lebih Rp 260 milliar, dari satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi (P2JN) mengusulkan untuk dimulai pembangunannya pada tahun 2020 nanti," katanya.

Ia menuturkan saat ini pembebasan lahan sudah dilakukan sedangkan untuk Detail Engineering Design (DED) sudah dipersiapkan.

"Saat ini juga masih menunggu anggaran dari pusat untuk pembangunan kretek Girijati (kelok 18)," katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral DIY, Bambang Sugaib mengatakan, pihaknya hanya sebatas dalam menyiapkan pengadaan lahan, sedangkan untuk pembangunannya kewenangannya berada di Satker P2JN.

Baca: Ada Rencana Pembangunan Dreamland di Jalur Kelok 18 Gunungkidul Yogyakarta

"Untuk menyambungkan Jalur Jalan Lintas Selatan antara Gunungkidul dan Bantul akan dibangun jembatan kelok 18. Sedangkan lahan sudah tersedia dan siap dibangun. Tetapi memang pembangunannya tergantung dari kebijakan pemerintah pusat," ujarnya.

Bambang menuturkan pihaknya telah mendapatkan informasi dari pembicaraan informal terkait dengan batalnya pembangunan kelok 18.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved