Yogyakarta

Masih Ada Orang yang Menembakan Laser ke Pesawat

Penyalahgunaan sinar laser yang mengarah ke pesawat atau disebut laser strike masih menjadi perhatian serius Lanud Adisutjipto.

Masih Ada Orang yang Menembakan Laser ke Pesawat
laserpointersafety.com
Ilustrasi tembakan laser 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penyalahgunaan sinar laser yang mengarah ke pesawat atau disebut laser strike masih menjadi perhatian serius Lanud Adisutjipto.

Sinar laser yang diarahkan ke langit dapat mengganggu dan membahayakan penerbangan, baik penerbangan sipil ataupun mliter.

Tiap malam, personel TNI AU terus berpatroli dan memantau langit untuk menindak pelaku yang secara sengaja mengarahkan laser mereka ke pesawat.

Baca: Senapan Laser Buatan China Ini Dapat Bakar Sasaran dari Jarak 1 Kilometer

Seperti yang baru-baru ini diungkap oleh personel TNI AU. Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor Sus Ambar Rejiyanti mengatakan akhir pekan kemarin tim siaga intel Lanud Adisutjipto mendapatkan laporan bahwa pesawat KT1B yang sedang melaksanakan latihan terbang malam mendapat serangan laser berwarna hijau.

"Disorot dengan sengaja ke bodi pesawat dengan menggunakan laser berwarna hijau di daerah Tambakbayan. Mendapat laporan itu, anggota intel Lanud Adisutjipto langsung menuju spot untuk melaksanakan pengecekan," ujarnya Rabu (6/3/2019).

Mayor Ambar memaparkan anggota Intel Lanud Adisutjipto mendatangi sumber laser yang datang dari area kosan Tambakbayan Caturtunggal Depok.

Petugas mendapati ada seseorang yang sengaja mengarahkan pointer laser ke pesawat dari lantai tiga kosnya.

Atas hal tersebut, petugas lantas menghubungi Polsek Depok Barat untuk mengamankan pelaku.

Baca: Mabes TNI AU Merintis Batalyon Kesehatan

"Dalam penangkapan terhadap pelaku di kamar kosnya, petugas mendapati sebuah laser merk Green Laser Pointer warna hijau jenis HY Laser 303 dengan jarak sorot sekitar 3 km," imbuhnya.

Adapun di pasaran ada dua laser yang sering digunakan.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved