Yogyakarta

DPRD DIY : Bank BPD DIY Memiliki Peran Strategis Terhadap UMKM

DPRD DIY menilai, peran Bank BPD DIY terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY sangat besar.

DPRD DIY : Bank BPD DIY Memiliki Peran Strategis Terhadap UMKM
Tribun Jogja/Noristera Pawestri
Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro (kanan) dan Direktur Pemasaran Bank BPD DIY R Agus Trimurjanto (kiri) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - DPRD DIY menilai, peran Bank BPD DIY terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY sangat besar.

Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiantoro mengatakan, data yang ada di Bank BPD DIY, UMKM masuk pada nominasi yang paling tinggi. 

"Hanya barangkali Bank BPD DIY lebih melihat kepada segmen yang pas, bukan berarti Bank BPD DIY belum pas melihat segmen itu, tetapi Bank BPD DIY mempunyai posisi seksi terhadap suporting UMKM," kata Dwi, Rabu (6/3/2019).

Menurutnya, yang menjadi evaluasi adalah bagaimana Bank BPD DIY melihat data UMKM yang harus disuport oleh Bank BPD DIY.

Lanjut Dwi, Bank BPD DIY adalah Badan Usaha Milik Daerah DIY yang mempunyai kepentingan luar biasa terhadap UMKM.

Dikatakan Dwi, UMKM mempunyai peran strategis untuk menurunkan kemiskinan, sebab UMKM di DIY sangat strategis dan jumlahnya banyak.

"Target 12.13 persen angka kemiskinan, targetnya turun 7 persen ini UMKM punya peran luar biasa untuk menurunkan 7 persen, karena yang bisa kita andalkan UMKM," ujarnya dalam acara yang disiarkan langsung oleh Tribun Jogja

Dari sisi pembiayaan, Bank BPD DIY juga mempunyai peran yang sangat penting, yakni bagaimana Bank BPD DIY mempunyai posisi terhadap maju dan tidaknya UMKM, karena terkait permodalan ini menjadi masalah.

Sebab kata Dwi, UMKM belum optimal dalam mengakses permodalan karena pembiayaan.

"Bagaimana antara pembiayaan dan kebijakan pemerintah dalam hal ini eksekutif dan legislatif seperti misal setiap tahun kita banyak pelatihan, tetapi akan berhenti jika berbicara tentang pembiayaan. Harapan kami Bank BPD DIY hadir dalam hal ini," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Bank BPD DIY R Agus Trimurjanto menambahkan, sesuai Visi dan Misi Bank BPD DIY yakni berpihak pada UMKM di mana produk-produknya berorientasi pada UMKM.

"Salah satu produk kami Angkringan (Angsuran Kredit Ringan) diperuntukan bagi penguasaha dengan kapasitas usaha sangat kecil karena platform ini kami siapkan hanya sampai Rp 10 juta," kata Agus. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved