Melihat Detik-detik Pertempuran di Benteng Terakhir ISIS di Kawasan Baghouz

Para komandan SDF berulang kali menyatakan bahwa kejatuhan ISIS sudah dekat. Namun kini mereka mulai realistis dan berujar dibutuhkan 4-5 hari.

Melihat Detik-detik Pertempuran di Benteng Terakhir ISIS di Kawasan Baghouz
IST/AFP
Anggota paramiliter Syrian Democratic Forces (SDF) mengepung Desa Baghouz Suriah yang merupakan benteng terakhir ISIS 

TRIBUNJOGJA.COM - Seorang komandan Kurdi-Arab, Hagit Qamishlo, tiba-tiba setengah berteriak kepada jurnalis AFP dari teras sebuah rumah di kawasan Baghouz, Suriah. "Awas, dia datang!" ucapnya.

Tak berselang lama, suara di radio komunikasi mengumumkan kedatangan pesawat dari koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Serangan udara dari pesawat itu, Minggu (3/3/2019), menghantam lokasi dari kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Aneh, Pria Selandia Baru Ini Menyesal Gabung ISIS karena Tak Dapat Wanita Yazidi

Ledakan dari serangan itu mengguncang kawasan sekitar dan menghancurkan rumah di area terdampak menjadi berkeping-keping.

"Kerja bagus! Serangan tadi tepat mengenai lokasi penembak runduk (sniper) milik ISIS," balas Qamishlo melalui radio walkie talkie.

Qamishlo kemudian meminta kepada sesama anggota Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF) jika ada yang mengetahui koordinat lokasi musuh yang lain.

Adapun serangan udara yang dilaksanakan koalisi AS tersebut berada di sekelompok bangunan dengan dampak ledakan mencapai 700 meter persegi.

Satu jam kemudian, pesawat koalisi kembali menjatuhkan bom di target ISIS yang kali ini, menghancurkan sebuah gudang amunisi.

Bom itu menimbulkan suara ledakan yang memekakan telinga disertai serangkaian bola api yang dirayakan koalisi Arab dan Kurdi itu.

Operasi yang terjadi pekan lalu terjadi setelah SDF memutuskan menundanya selama dua minggu dikarenakan kekhawatiran ISIS bakal menggunakan warga sipil sebagai perisai.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved