Bantul

Petugas Bersihkan Sampah yang Menumpuk di Bendung Timbulsari

Bendung Timbulsari yang berada di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul dibersihkan dari tumpukan sampah

Petugas Bersihkan Sampah yang Menumpuk di Bendung Timbulsari
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Petugas jaga bendung sedang membersihkan sampah yang menumpuk di bendung Timbulsari di kecamatan Sewon Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM - Bendung Timbulsari yang berada di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul dibersihkan dari tumpukan sampah, Senin (4/2/2019).

Pembersihan sampah melibatkan sejumlah petugas jaga bendung dari Bidang Sumberdaya Air, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

"Jika tak segera dibersihkan sampah menjadi bau, kotor dan dikhawatirkan bisa menyumbat aliran sungai Winongo," kata Agus, petugas jaga bendung Mejing yang ikut dalam pembersihan sampah di bendung Timbulsari.

Baca: Saking Besarnya, Buaya Raksasa Ini Sampai Dikira Hoaks

Menurut Agus, tumpukan sampah yang mengendap di bendung Timbulsari ini merupakan sampah kiriman dari wilayah Utara. Wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Sampah-sampah itu hanyut bersama aliran air saat hujan turun.

Sampah yang mengendap aliran sungai Winongo itu didominasi oleh sampah ranting bambu (empring), plastik bungkus makanan hingga botol bekas minuman.

Pembersihan sampah melibatkan sedikitnya 9 orang. Mereka merupakan petugas jaga Bendung yang ada di Kabupaten Bantul. Sampah dibersihkan dengan cara manual menggunakan tangan dan alat sederhana seperti Arit, tali, gergaji hingga garpu.(tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved