Bantul

Limbah Kayu Besar Sulitkan Pembersihan Sampah di Bendung Timbulsari

Limbah Kayu Besar Sulitkan Pembersihan Sampah di Bendung Timbulsari. Petugas Hanya Pakai Alat Sederhana Untuk Bersihkan Sampah.

Limbah Kayu Besar Sulitkan Pembersihan Sampah di Bendung Timbulsari
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Petugas Jaga Bendung UPT Winongo bahu membahu membersihkan tumpukan sampah di Bendung Timbulsari, Bantul, Senin (4/3/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Material sampah yang menumpuk di seputar bendung Timbulsari cukup banyak.

Jumlahnya diperkirakan mencapai 10 ton. Sampah didominasi oleh limbah rumah tangga, empring bambu hingga limbah kayu berukuran cukup besar yang ikut hanyut dalam aliran sungai.

"Kayu-kayu dengan ukuran besar ini yang agak sulit ketika dibersihkan," kata Widodo, Petugas Jaga Bendung Timbulsari ditemui saat operasi pembersihan sampah, Senin (4/3/2019)

Operasi pembersihan sampah ini melibatkan sejumlah petugas jaga bendung UPT Winongo, dari Bidang sumber daya air, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Mereka bahu membahu membersihkan sampah secara manual.

Menggunakan alat-alat sederhana, seperti arit, tali tampar, gergaji hingga garpu sampah. Sampah yang menumpuk menutupi aliran sungai itu dipotong-potong dan ditarik satu persatu supaya lekas hanyut.

Baca: Petugas Bersihkan Sampah yang Menumpuk di Bendung Timbulsari

"Jumlah sampahnya ini lebih dari lima truk. Sekitar 10 ton lebih," ujar Widodo memperkirakan.

Menurutnya, material sampah yang menumpuk di bendung Timbulsari itu merupakan sampah kiriman dari Utara. Utamanya wilayah Sleman dan Kota Yogyakarta. Material sampah itu hanyut dari Utara bersama aliran air sungai Winongo.

Ia mengaku bersama sejumlah petugas jaga bendung UPT Winongo harus berusaha maksimal dan rutin membersihkan material sampah yang menumpuk. Apalagi saat turun hujan. "Tujuannya supaya sungai Winongo tetap bersih dan irigasi untuk petani bisa lancar," tutur dia. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved