Breaking News:

Yogyakarta

DPRD DIY :KEK Harus Dikonsep Matang dan Bisa Entaskan Kemiskinan

Anggota komisi C DPRD DIY, Chang Wendriyanto menjelaskan, fokus untuk ekonomi kreatif harus pada ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan

IST
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meninjau pabrik pembuatan traktor di kawasan industri Sentolo, Kulonprogo, Selasa (14/11/2017) sore. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM - Anggota komisi C DPRD DIY, Chang Wendriyanto menjelaskan, fokus untuk ekonomi kreatif harus pada ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan. Sehingga, bisa menjadikan kekuatan ekonomi UMKM menjadi lebih tumbuh berkembang.

“Di samping itu, pemerintah harus benar-benar serius dalam mengawasi para investor tersebut. Sehingga, KEK ini bisa dikonsep dengan baik dan sesuai dengan tujuan awalnya,” ulasnya.

Perlu diketahui, ada lahan seluas 152 hektar yang akan dijadikan KEK. Rinciannya, 105 hektar berada di Piyungan dan 47 hektar di Sentolo. Dia pun menyebutkan, KEK ini nantinya akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi di daerah.

Baca: Beli Gadget dan Smartphone Huawei Kini Makin Mudah Berkat Fasilitas dari Home Credit

Kepala Bappeda, Budi Wibowo menjelaskan, KEK ini harus mempermudah proses investor masuk dan ekspor lebih lancar serta volume bertambah. Pemberdayaan masyarakat lebih banyak dan kemiskinan akan semakin terpangkas.

Baca: Jangan Hanya Dikuasai Investor, KEK Harus Sejahterakan Rakyat

Hal tersebut, urai Budi, mampu mengikis angka kemiskinan yang tinggi dan berkutat pada data. PT YIP, kata dia, pun ditantang untuk bisa bekerja sama dengan rumah tangga yang miskin untuk menghasilkan produk.

“Ini bisa mengikis kemiskinan di DIY. Apalagi, bisa dikerjakan masyarakat menjadi peluang luar biasa. Penghasilan pun bisa di atas UMR. Contohnya, ibu rumah tangga bisa nyambi di rumah dan mendapat hasil sehingga bisa keluar dari garis kemiskinan,” jelasnya. (tribunjogja)

Penulis: Agung Ismiyanto
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved