Nasional

Jokowi Tinjau Langsung Pencanangan Pemasangan Patok Tanah di Kendari

Pada kesempatan itu, Jokowi turut menancapkan patok tanah batas di salah satu dari 6 bidang tanah warga yang akan dipasangi patok.

Jokowi Tinjau Langsung Pencanangan Pemasangan Patok Tanah di Kendari
istimewa
Jokowi Tinjau Langsung Pencanangan Pemasangan Patok Tanah di Kendari 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Joko Widodo meninjau langsung pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanda Batas Bidang Tanah di Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Sabtu, 2 Maret 2019.

Pada kesempatan itu, Jokowi turut menancapkan patok tanah batas di salah satu dari 6 bidang tanah warga yang akan dipasangi patok.

Di hadapan para jurnalis seusai peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah ingin terus mempercepat sertifikasi tanah di semua provinsi.

Untuk itu, dirinya ingin melihat langsung proses yang dilakukan di lapangan terkait sertifikasi tanah.

Baca: On Trend: 6 Gaya Mix and Match Koleksi Terbaru Gaudi Clothing

"Lapangannya kita harus tahu, lapangannya sebetulnya seperti apa sih kok dulu lambat sekarang bisa cepat? Saya pengin melihat itu, pengin melihat lapangannya kayak apa. Kalau sekarang urusannya hanya pemilik dengan pemilik rampung. Dapat koordinat, langsung ketemu semuanya tadi. Gampang, cepat sekali, sehingga inilah yang dulu 500 ribu (sertifikat) per tahun sekarang sudah 7 juta, tahun 2018 sudah 7 juta, tahun ini 9 juta per tahun. Loncatannya bisa berapa kali? Hampir 20 kali lipat," ungkapnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Setelah melihat proses di lapangan, Jokowi merasa yakin bahwa target tahunan sertifikasi tanah bisa terlampaui.

Apalagi proses pengukuran tanah kini bisa lebih cepat karena tidak menggunakan theodolite lagi.

"Ya saya yakin lebih. Insyaallah lebih. Sudah lebih semua terus. Kan kemarin 5 juta (targetnya) lebih 5,4 (juta). Tujuh juga, lebih lagi menjadi 9,4 (juta). Tahun ini 9 juta, enggak tahu nanti jadi berapa lagi. Yang jelas kita di lapangan sekarang tahu, ternyata sudah tidak memakai theodolite lagi. Tidak satu per satu. Sudah ketemu titik koordinatnya, langsung jleg ke semua tempat bisa diselesaikan," ujarnya.

Baca: Ribuan Pendukung dan Relawan Hadiri Peresmian Posko Pemenangan Jokowi Maruf di Magelang

Serahkan 2.010 Sertifikat Hak Atas Tanah untuk Rakyat

Setelah mencanangkan Gerakan Pemasangan Patok Tanda Batas Bidang Tanah, Presiden Joko Widodo kemudian menyerahkan 2.010 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat.

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved