Indonesia Tuntut OKI Beri Dukungan Konkret untuk Palestina

Indonesia mengingatkan seluruh negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina.

Indonesia Tuntut OKI Beri Dukungan Konkret untuk Palestina
IST/Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi saat Konferensi Tingkat Menteri ke-46 Organisasi Kerja Sama Islam di Abu Dhabi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia mengingatkan seluruh negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Ke-46 OKI di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA).

“Saya ingin mengingatkan kembali anggota OKI mengenai kerjaan kita yang belum selesai, yaitu isu Palestina, yang situasinya semakin memburuk,” kata Retno dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/3/2019).

Sejarah Konflik Pakistan-India: Saat Dua Negara Tetangga Berebut Wilayah Kashmir

Retno menyampaikan, tidak ada pilihan lain bagi OKI selain memberikan dukungan nyata, solid dan konkret bagi perjuangan kemerdekaan Palestina.

Retno juga menegaskan, Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamaan PBB akan terus memberikan dukungan penuh dan konkret bagi perjuangan Palestina.

Dari pertemuan OKI di Abu Dhabi ini, Menlu Retno akan terbang ke Amman, Jordan, untuk menyampaikan bantuan keuangan Indonesia kepada UNWRA, bantuan desalinasi air untuk di Gaza, dan membuka kegiatan peningkatan kapasitas bagi para pengungsi perempuan Palestina di Jordan.

“Satu-satunya pilihan bagi OKI adalah untuk memperkuat solidaritas dan dukungan konkret bagi Palestina,” tegas Menlu Retno.

Retno menyebut, dunia menghadapi konflik dan perang yang terus berlangsung di berbagai negara. Namun, ia menyayangkan sering tidak adanya keinginan negara-negara untuk menyelesaikan konflik melalui dialog dan perundingan, dan banyaknya negara yang tidak menghormati prinsip-prinsip piagam PBB.

Menghadapi tantangan dunia yang mengkhawatirkan tersebut, Menlu RI menegaskan, menjadi sangat penting bagi anggota OKI untuk memberi contoh.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved