Gunungkidul

Tekan Angka Bunuh Diri, DPRD Gunungkidul Usul Pemkab Dirikan Panti Jompo

Tekan Angka Bunuh Diri, DPRD Gunungkidul Usul Pemkab Dirikan Panti Jompo

Tekan Angka Bunuh Diri, DPRD Gunungkidul Usul Pemkab Dirikan Panti Jompo
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul memberikan rekomendasi kepada pemerintah kabupaten Gunungkidul untuk mendirikan panti jompo guna mengatasi tingginya kasus bunuh diri.

Ketua DPRD Gunungkidul, Dhemas Kursiswanto, mengatakan untuk menangani kasus bunuh diri tidak bisa dilakukan satu pihak, namun harus semua Organisasi Perangkat Derah (OPD).

"Dibutuhkan keterlibatan semua stakeholder dari mulai OPD, Kepolisian, Koramil, Dinas Kesehatan, tokoh-tokoh agama, dan kami sebagai legislatif hadus bersatu dalam menanggulangi kasus tersebut," ucapnya, Kamis (28/2/2019).

Ia menuturkan setelah pihaknya melakukan kajian bunuh diri penyebab utama bunuh diri bukan dari kemiskinan atau faktor ekonomi.

Baca: Tahun Ini, RSUP Dr. Sardjito Kembangkan Tranplantasi Ginjal dari Orang Meninggal

Baca: Kapolda DIY : Orang Tua Jangan Manjakan Anak dengan Belikan Motor Jika Belum Cukup Umur

Namun penyebab bunuh diri karena faktor keluarga, dalam hal ini pelaku sebagian besar sudah berusia lanjut dan ditinggal keluarga.

"Kami merekomendasikan kepada pemkab Gunungkidul untuk membuat seperti yayasan atau panti jompo untuk menampung mereka yang sudah dalam umur lansia. Agar para lansia tidak merasa sendiri, karena setelah dikaji kebanyakan yang menjadi penyebab adalah sakit berkepanjangan dan jauh dari keluarganya," katanya.

Ia menambahkan secara psikologi para lansia membutuhkan perhatian dan komunikasi yang intens dengan keluarga bukan hanya materi saja namun membutuhhkan perhatian.(tribunjogja)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved