Yogyakarta

Penjelasan BMKG Yogyakarta Penyebab Curah Hujan Meningkat Disertai Angin dan Petir

Peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi di Indonesia, khususnya untuk wilayah DI Yogyakarta pada tiga hari ke depan

Penjelasan BMKG Yogyakarta Penyebab Curah Hujan Meningkat Disertai Angin dan Petir
TRIBUNjogja.com | Hasan Sakri
ILUSTRASI: Cuaca mendung di wilayah Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. 

Penjelasan BMKG Yogyakarta Penyebab Curah Hujan Meningkat Disertai Angin dan Petir

TRIBUNjogja.com ----- Peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi di Indonesia, khususnya untuk wilayah DI Yogyakarta pada tiga hari ke depan.

Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi.

Plh. Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Etik Setyaningrum menjelaskan jika peningkatan curah hujan tersebut dipengaruhi adanya beberapa faktor, seperti
sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera dan sirkulasi tertutup di Kalimantan Barat dan Selat Makasar.

Hal tersebut membentuk belokan dan pertemuan angin yang menyebabkan massa udara akan cenderung terkonsentrasi di wilayah tersebut.

Selain itu, faktor kondisi udara yang relatif lebih lembab juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan.

"Peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia khususnya DIY. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya sirkulasi siklonik maupun kondisi udara yang relatif lebih lembab. Hal tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Diprakirakan keadaan ini akan berlangsung hingga 3 hari kedepan," ungkapnya pada Minggu (24/2/2019).

Etik menjelaskan jika aktivitas sirkulasi ini akan menurun dan digantikan dengan area pertemuan/ belokan angin yang memanjang dari wilayah Sumatera hingga Jawa yang terbentuk karena sirkulasi siklonik di wilayah Australia bagian Utara.

Area pertemuan/ belokan angin ini juga akan mendukung pertumbuhan awan, sehingga sampai dengan akhir Februari potensi hujan lebat serta hujan disertai kilat/petir dan angin kencang masih akan terjadi.

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved