Pendidikan

Kembangkan Potensi Desa, STIE Mitra Indonesia Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos Bagi BUMDes di DIY

Kembangkan Potensi Desa, STIE Mitra Indonesia Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos Bagi BUMDes di DIY

Kembangkan Potensi Desa, STIE Mitra Indonesia Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos Bagi BUMDes di DIY
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
STIE Mitra Indonesia menggelar Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Bagi Pengelola BUMDES se-DIY, Senin (25/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai wujud pengabdian dalam mengemban perguruan tinggi, STIE Mitra Indonesia menggelar Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Bagi Pengelola BUMDES se-DIY, Senin (25/2/2019).

Mengambil tema 'Komitmen STIE Mitra Indonesia kepada BUMDES Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0', kegiatan ini memberikan pelatihan mengenai manajemen pengelolaan kepada BUMDES se-DIY.

Ketua STIE Mitra, Koesharijadi mengatakan, STIE Mitra Indonesia dalam mengemban perguruan tinggi memberikan pembinaan ekonomi desa dengan pelatihan-pelatihan bagaimana membranding potensi desa melalui media sosial.

Dikatakan Koesharijadi, peranan media sosial dalam mengelola BUMDES penting.

Baca: 5 Tempat Makan yang Memiliki Ciri Khas Tersendiri di Sekitar Yogyakarta

Baca: BSM Salurkan Beasiswa Senilai Rp100 Juta Untuk 50 Mahasiswa UII Yogyakarta

Tanpa bantuan media sosial, masyarakat belum memahami bagaimana membranding desa melalui media sosial yang tepat sasaran.

"Makanya kita undang ke sini kita berikan pelatihan untuk mendukung media sosial merupakan solusi bagaimana STIE Mitra Indonesia mewujudkan internet ke desa-desa yang menjadi komitmen kita bersama," ujarnya.

Lanjut Koesharijadi, STIE Mitra Indonesia juga akan menjalin kerjasama dengan BUMDES yang diharapkan dapat menjadikan BUMDES lebih bagus dengan memperbaiki ekonomi masyarakat.

Sebagai perguruan tinggi, tentu komitmen STIE Mitra Indonesia tidak hanya berfokus pada pembelajaran dan penelitian saja, namun juga melakukan pengabdian ke desa-desa.

Baca: Punya Potensi Besar, Pemkab Sleman Kembangkan Budidaya Bambu

Baca: BCA Hadirkan Sejumlah Workshop di BCA Expoversary 2019

"Diharapkan dengan bermitra tentu kita akan mendapat timbal balik. Dan desa mendapat timbal balik dari sisi pengetahuan atau kerjasama untuk mereka yang membutuhkan mitra membantu warga desa yang kesulitan untuk mendapatkan pendidikan," kata dia.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 50 BUMDES se-DIY ini mendatangkan salah satu desa yang sudah bermitra dengan STIE Mitra Indonesia sebagai pilot project dalam hal pengelolaan BUMDES yakni Desa Bolo, Boyolali.

Ketua Panitia Pelatihan, Karnadi Ismono menambahkan hal ini menjadi komitmen STIE Mitra Indonesia untuk mulai menggarap desa.

Program yang sudah berjalan selama empat bulan ini, STIE Mitra Indonesia mempunyai dua desa binaan yakni yang ada di Boyolali dan Wonosobo.

"Desa binaan kami di Boyolali ada Pertanian Edamame di Wonosobo seluas 7 hektar. Kalau ini berhasil dan menarik akan kita kerjasamakan dengan BUMDES lain," tuturnya kepada Tribunjogja.com.(tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved