Dua Kawasan Kumuh di Bantaran Sungai Gajahwong Yogyakarta Disulap Jadi Destinasi Wisata Susur Sungai

Kedua kawasan kumuh itu kini berkembang menjadi jujugan wisata yakni Taman Pleretan Tirto Wolulas Giwangan Umbulharjo.

Dua Kawasan Kumuh di Bantaran Sungai Gajahwong Yogyakarta Disulap Jadi Destinasi Wisata Susur Sungai
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Wisatawan ketika berada di perahu untuk menjajal susur sungai d Taman Pleretan Tirto Wolulas Giwangan, Sabtu (23/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kawasan RW 6 dan RW 8 Ponggalan Karangmiri sebelum 2015 merupakan kawasan kumuh yang berada di bantaran sungai Gajahwong.

Namun kini, keduanya berkembang menjadi jujugan wisata yakni Taman Pleretan Tirto Wolulas Giwangan Umbulharjo.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Taman Pleretan Tirto Wolulas Giwangan, Harsana, mengatakan bahwa penataan kawasan kumuh di bantaran sungai Gajahwong dimulai dari RW 8 dengan membentuk taman sebagai ruang terbuka hijau publik (RTHP).

"Dulu di sini (RW 8) dulu juga dipakai untuk ternak babi. Sekarang sudah berubah menjadi kolam dan dilengkapi banyak gazebo untuk tempat berkumpul para pengunjung," bebernya ditemui Sabtu, (23/2/2019).

Harsana mengatakan, selanjutnya pengembangan dilakukan di bantaran sungai Gajahwong yang masuk wilayah RW 6 yang mendapatkan pendanaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang dilaksanakan secara bertahap.

"Pertama mengerjakan talud perumahan terlebih dahulu, baru kemudian mengerjakan jalan inspeksi yang juga menjadi awal pengembangan wisata susur sungai dengan dermaga yang ada di tepi jalan inspeksi," ucapnya.

Setelah resmi diluncurkan seminggu yang lalu, wisata susur sungai di sana mendapatkan respons yang positif dari pengunjung dan juga warga.

Subscribe Tribunjogja Official

Harsana mengatakan, bahwa saat ini operasional perahu masih terbatas karena operator juga memiliki pekerjaan lain selain mengembangkan wisata tersebut.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved