Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Akibat Kebiasaan Bermain Smartphone saat di Toilet

membawa smartphone atau buku bacaan bisa menyebabkan resiko mengerikan!

Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Akibat Kebiasaan Bermain Smartphone saat di Toilet
Ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Siapa yang sering membawa buku bacaan atau smartphone ke kamar mandi sambilan buang air besar?

Tujuan kita sebenarnya hanya pengin mendapatkan hiburan biar enggak bosan sambil buang air besar.

Jadi, kita bisa menyelesaikan bacaan komik, novel, atau bahkan buku pelajaran. Kita juga biasanya membawa smartphone untuk scroll media sosial hingga nonton Youtube, nih.

Bahkan dari survei yang dilakukan di Amerika oleh jaringan telepon, Verizon, sebanyak 90 persen orang yang disurvei mengaku membawa smartphone ke kamar mandi saat sedang buang air besar.

Sayangnya, membawa buku bacaan hingga smartphone ke kamar mandi saat lagi buang air besar ternyata bisa berbahaya buat kesehatan kita, lho!

Dikutip dari laman The Sun, seorang dokter kebersihan, Lisa Ackerley mengungkapkan kalau membawa smartphone atau buku bacaan bisa menyebabkan resiko mengerikan!

Kita tahu kalau kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling kotor di dunia.

Ada berbagai macam kuman, bakteri, dan penyakit yang menempel pada toilet (baik duduk maupun jongkok), tombol siram, hingga gagang pintu.

Nantinya, kuman, bakteri, dan penyakit ini bisa menempel pada bahan bacaan atau smartphone kita, menjadikan kita dan orang lain yang memegangnya bisa terkena bakteri salmonella yang berbahaya!

Enggak hanya itu, berdasarkan laman Bustle, ada satu penelitian yang mengungkapkan kalau kita buang air besar dalam waktu yang lama bisa menyebabkan resiko terkena haemorhoids, atau pembengkakan pada saluran anus!

Ini bisa terjadi karena fokus kita jadi terbagi dua, yaitu antara membaca atau bermain smartphone dan fokus untuk mengeluarkan tinja.

Kalau kita sadari, waktu membuang air besar jadi lebih lama kalau kita membawa smartphone atau bahan bacaan dibandingkan enggak sama sekali, lho!

Alhasil, bukannya buang air besar makin lancar, kita malah merusak bagian anus kita, nih!

Untuk itu, ada baiknya mulai dari sekarang jangan bawa apapun ke kamar mandi saat kita lagi buang air besar, sehingga enggak terkena penyakit yang mengerikan, girls! (*)
 

Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved