Tanggapan BMKG Soal Video Viral 'Hujan Lokal Teraneh'

Tak disebutkan kapan kejadiannya hanya saja pengunggah menuliskan bahwa 'hujan lokal teraneh' ini terjadi di Kota Binjai Sumatera Utara.

Tanggapan BMKG Soal Video Viral 'Hujan Lokal Teraneh'
instagram / @ceritamebidang
Video 'hujan lokal teraneh' yang viral di media sosial 

TRIBUNJOGJA.com - Sebuah video yang diunggah ke media sosial Instagram mengundang kehebohan. Dalam video berujudul 'hujan lokal teraneh' itu terlihat hujan yang hanya mengguyur areal sekiar satu meter di badan jalan. Sejumlah pengendara tampak menghentikan kendaraannya sambil menyaksikan guyuran air hujan.

Tak disebutkan kapan kejadiannya hanya saja pengunggah menuliskan bahwa 'hujan lokal teraneh' ini terjadi di Kota Binjai Sumatera Utara.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Syahnan yang dikonfirmasi Kompas.com lewat pesan singkat mengatakan, hujan tersebut hal biasa.

"Ini fenomena hujan lokal biasa," katanya, Senin (18/2/2019).

Ditanya apakah hujan seperti ini sering terjadi dan apakah menjadi fenomena alam terhadap keadaan cuaca tertentu, dia bilang tidak.

"Ini biasa terjadi, kebetulan saja ini terjadi di tengah jalan sehingga menjadi perhatian," ucap Syahnan.

Dijelaskannya, hujan lokal adalah hujan yang jatuh di daerah tertentu, tidak merata.

Ledakan Cahaya Aneh di Atmosfer Bumi Terdeteksi oleh Satelit Rusia

Pola curah hujan lokal dipengaruhi oleh keadaan dan kondisi lokal setempat, di mana faktor-faktor pembentukannya secara umum dapat dibedakan dalam dua jenis.

Pertama naiknya udara lembab secara paksa dari aliran udara yang menuju ke dataran tinggi atau pegunungan. Kedua akibat pemanasan lokal yang tidak seimbang.

Dengungan Aneh Ini Mengitari Seluruh Dunia, Tapi Tidak Ada yang Menyadarinya

"Pola curah hujan lokal memiliki ciri yang berkebalikan dengan pola hujan monsunal, yaitu saat wilayah pola hujan monsunal mengalami musim hujan, maka wilayah dengan pola hujan lokal mengalami musim kemarau," ujarnya.

Peringatan dini cuaca di Sumut

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved