Ketika Turis Asal Swiss Belajar Membatik di Yogyakarta

Tifany Sermier, turis asal Swiss ini tampak antusias menyaksikan gadis-gadis pembatik di Sogan Batik Rejodani tengah membatik.

Ketika Turis Asal Swiss Belajar Membatik di Yogyakarta
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Tifany Sermier, turis asal Swiss ini tampak antusias ketika dirinya menyaksikan gadis-gadis pembatik di Sogan Batik Rejodani tengah menorehkan canting berisi tinta malam di atas kain bermotif. 

TRIBUNJOGJA.COM - Tifany Sermier, turis asal Swiss ini tampak antusias ketika menyaksikan gadis-gadis pembatik di Sogan Batik Rejodani tengah menorehkan canting berisi tinta malam di atas kain bermotif.

Sesekali ia berinteraksi dengan para gadis yang tengah membatik itu

Senyumnya mengembang ketika ia ditawarkan untuk mencoba membatik sendiri.

Dengan senang hati, ia pun mencoba menggoreskan canting di atas kain tersebut.

Saat menggoreskan canting di atas kain, ia mengaku sempat kesulitan, sebab posisi canting harus tepat pada garis pola agar malam tidak keluar dari pola.

Baginya, ini merupakan kali pertamanya ia bisa belajar membatik secara langsung.

"Saya sangat bersyukur bisa datang ke tempat ini, melihat langsung orang-orang lokal membatik. Sebuah pelajaran berharga dalam hidup saya," ujarnya pada Senin (18/2/2019).

Baca: 91 Calon Siswa SMA Pradita Dirgantara Ikuti Seleksi Daerah di Lanud Adisutjipto

Kunjungan turis-turis asing ke Sogan Batik, bukanlah pertama kalinya.

Pemilik Sogan Batik, Iffah M Dewi menyampaikan, Sogan Batik Rejodani sangat terbuka bagi wisatawan asing yang ingin belajar membatik.

Selain itu, Sogan juga aktif memperkenalkan karya-karya kain batik yang penuh makna di ajang nasional maupun internasional.

Dengan mencintai, memakai dan mempromosikan batik, kata Iffah, artinya kita ikut memajukan perekonomian lokal Indonesia.

"Semoga Sogan, kedepannya bisa menjadi salah satu brand yang bisa mengangkat kain lokal indonesia dan gaya berbusana modest (tertutup) ke kancah fashion dunia," kata Iffah. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved