Bisnis

80 Persen Pelanggan XL Axiata Didominasi Pengguna Smartphone

Dian juga menjelaskan, saat ini XL Axiata memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah mereka yang telah menggun

80 Persen Pelanggan XL Axiata Didominasi Pengguna Smartphone
Istimewa
CEO & Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - XL Axiata terus berinvestasi untuk melakukan peningkatan pada transmisi, backhaul, dan modernisasi jaringan guna mendukung peningkatan lalu lintas data di seluruh jaringannya.

CEO & Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, hal ini diwujudkan dengan terus membangun jaringan 4G LTE yang saat ini difokuskan untuk wilayah di luar Pulau Jawa.

Hingga akhir 2018, Dian mengatakan, jaringan 4G Axiata telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten dengan hampir 30 ribu BTS 4G. Sementara itu, jaringan 3G ditopang lebih dari 51 ribu BTS.

Baca: XL Axiata Catat Pertumbuhan 0,4 Persen Sepanjang 2018

"Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini mencapai 118 ribu BTS," jelas Dian, Senin (18/2) lewat keterangannya.

Dian menambahkan, peningkatan jaringan terutama 4G LTE di luar Jawa pada sepanjang 2018 tersebut telah menghasilkan pertumbuhan pada trafik dan pendapatan data yang sangat kuat.

Alhasil, tahun ini wilayah luar Jawa menjadi kontributor utama lain bagi kinerja kuat XL Axiata.

Pada sisi lain, keberadaan jaringan yang luas di luar Jawa ini juga ikut meningkatkan persepsi masyarakat atas kemampuan XL Axiata dalam melayani kebutuhan data.

"Seiring dengan perluasan jaringan, kami juga telah meningkatkan kualitas jaringan dengan menerapkan beberapa teknologi inovatif di sepanjang 2018. XL Axiata tahun ini juga melakukan uji coba teknologi 5G dan WiGig pertama di Kota Tua, Jakarta," ungkapnya.

Seiring dengan semakin kuatnya jaringan dan penawaran layanan data, tercatat penetrasi smartphone XL Axiata telah meningkat 8 poin persentase menjadi 80% pada akhir 2018 dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca: XL Axiata Luncurkan Kartu Perdana XL Go Izi untuk Semua Jenis Modem

Salah satu pendorong yang berperan besar pada peningkatan pelanggan ponsel cerdas ini adalah program bundling 'XL Xtream' yang memberikan benefit berupa harga terjangkau serta akses YouTube.

Daya tarik yang kuat dari program ini mampu mendorong migrasi lebih cepat pada pelanggan 2G ke 4G.

Dian juga menjelaskan, saat ini XL Axiata memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah mereka yang telah menggunakan smartphone.

Jumlah pengguna smartphone ini meningkat 15% dari periode yang sama di tahun lalu.

Adapun pelanggan XL Axiata yang aktif menggunakan layanan data saat ini juga telah mencapai 82% dari total pelanggan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved