Pemilu 2019

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Diminta Fasilitasi Penyandang Disabilitas Datang ke TPS

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Diminta Fasilitasi Penyandang Disabilitas Datang ke TPS

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Diminta Fasilitasi Penyandang Disabilitas Datang ke TPS
hoffmannworkcomp.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) mendorong KPU Kota Yogyakarta bekerjasama dengan perangkat desa untuk memberikan akses kepada disabilitas.

Ketua HWDI, Winarsih mengatakan usulan tersebut disampaikan karena selama ini akses masih kurang.

Berkaca dari tahun 2014, banyak difabel yang kesulitan untuk datang ke TPS. Hal itulah yang menyebabkan partisipasi difabel pada pemilu lalu hanya sekitar 25 persen saja. Untuk data saat ini, jumlah pemilih difabel di Kota Yogyakarta diperkirakan mencapai 1.700an.

"Usulan kami jauh-jauh sebelumnya ada kerjasama KPU dengan perangkat desa. Bisa lakukan pendataan dulu pemilih disabilitas, kemudian difasilitasi. Kami juga mengerti sudah berusaha untuk memfasilitasi, tetapi ya dari usulan kami perlu ada kerja sama dengan perangkat desa," katanya usai sosialisasi pemilu di daerah Wirobrajan, Minggu (17/2/2019).

Baca: Maksimalkan DPTb, KPU DIY Akan Buka Posko Layanan Formulir A5 Hingga H-30 Sebelum Pemilu 2019

Baca: Terkait Pembatasan Kampanye Via Media Online, KPU DIY Tunggu Instruksi Pusat

"Disabilitas kan macam-macam, nah bagi yang tidak bisa kemana-mana ini yang kemudian perlu diperhatikan dan diberi akses. Misalnya ada penjemputan, penyediaan kursi roda, kan tidak semua juga memiliki fasilitas," sambungnya.

Ia menjelaskan antusiasme pemilih difabel sebenarnya tinggi, namun karena keterbatasan tersebut sehingga tidak bisa menyalurkan hak pilihnya.

Selain keterlibatan perangkat desa, Winarsih juga mendorong keluarga untuk ikut terlibat. Menurutnya saat ini keluarga beranggapan tidak masalah jika pemilih difabel tidak menyalurkan hak pilihnya.(tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved