Sleman

Hujan Deras Akibatkan Banjir di Wilayah Sleman, 13 Rumah Terendam Air

Hujan Deras Akibatkan Banjir di Wilayah Sleman, 13 Rumah Terendam Air Setinggi 10-50 Centimeter.

Hujan Deras Akibatkan Banjir di Wilayah Sleman, 13 Rumah Terendam Air
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah DIY pada Sabtu (16/2/2019) malam menyebabkan meluapnya aliran sungai di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Sleman.

Akibatnya beberapa rumah di wilayah Moyudan dan Seyegan terendam banjir hingga ketinggian 50 cm.

Makwan, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman mendapat laporan hujan deras yang melanda dari pukul 17.00 mengakibatkan sungai dan selokan meluap dan menggenangi rumah warga.

Empat rumah yang ada di Dusen Kruwet di Sumberagung, Kecamatan Moyudan tergenang air mulai dari ketinggiang 10cm hingga 60 cm. Sedangkan di Dusun Kruwet I, terdapat tujuh rumah yang terendam yang hampir semua di ketinggian 50 cm.

Saat kejadian berlangsung Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman, Komunitas Relawan Jalin Komunikasi Mandiri (JKM), Pemdes Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Polsek Moyudan,dan Koramil Moyudan, langsung melakukan pendataan.

Baca: Wabup Sleman Hadiri Jalan Sehat dengan 12 Ribu Peserta di Godean

"BPBD Sleman telah mendistribusikan bantuan logistik terkait dampak kejadian banjir luapan tersebut," ujarnya Minggu (17/2/2019).

Warga mencari tempat yang aman untuk berlindung dan mengamankan barang-barang berharga dan elektronik. Air pun mulai surut sekitar pukul 22.00.

Sementara di wilayah Kecamatan Seyegan 46 kolam warga terendam air dampak banjir luapan di wilayah dusun Kandangan. Dua rumah pun tergenang air setinggi 50 cm.

Hujan yang melanda malam itu juga disertai anging kencang, yang mengakibatkan pohon tumbang di jalan Solo KM 8 Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Baca: Hadiri Kerja Bakti di Ngasem Utara, Mbah Bardi Berpesan Agar Gotong Royong Tetap Dilestarikan

Satu regu TRC BPBD Sleman pun langsung merapat ke lokasi untuk melakukan pemotongan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di Dusun Kandangan Margodadi, Seyegan. Pohon waru berdiameter 25 cm yang tumbang melintang di jalan pun langsung dipotong oleh komunitas relawan Seyegan Rescue.

Sementara di Gayamharjo, Prambanan, angin juga merobohkan kandang, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Selain itu, hujan juga terjadi di puncak maupun di lereng Merapi. Air yang mengalir membawa material dengan voulme kecil ke kali gendol," tambahnya.(tribunjogja)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved