UGM dan Kemenpar RI Gelar Seminar Legenda Borobudur di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan di Magelang.

UGM dan Kemenpar RI Gelar Seminar Legenda Borobudur di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
TRIBUNJOGJA/YOSEF LEON PINSKER
Menpar RI, Arif Yahya menyampaikan pemaparan saat menjadi pembicara kunci dalam seminar Legenda Borobudur yang digelar Program Studi Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Jumat (15/2/2019) di Royal Ambarukmo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Program Studi Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, menggelar seminar bertajuk 'Legenda Borobudur' di Royal Ambarukmo, Jumat (15/2/2019) pagi.

Ketua SC/Program Studi S2 & S3 Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana UGM, Hendrie Adji Kusworo, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan di Magelang.

Prabowo Sebut Harga Daging dan Beras Indonesia Termahal di Dunia, Jokowi: Silakan Cek Kebenarannya

Pada kesempatan ini, sejumlah pihak baik akademisi, pemerintahan daerah, serta stakeholder pariwisata lain akan membahas pengetahuan dibalik dimensi sejarah, filsafat, arkeologi, regulasi, mitos, bahkan misteri dari Candi Borobudur.

"Utamanya tentang permasalah regulasi kebijakan seputar pemeliharaan Borobudur, yang kita harapkan akan ditemukan klarifikasi dan bisa menjadi dasar untuk memanfaatkan serta mengelola Borobudur menjadi destinasi wisata dengan cara yang berkelanjutan dan baik," imbuhnya.

Warisan Borobudur sebagai mahakarya arsitektur peradaban dunia, baiknya bisa dimanfaatkan dengan Arif dan bijaksana, sehingga dapat mendatangkan kebermanfaatan yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Seminar sehari yang dihadiri sekitar 300 peserta tersebut menghadirkan sejumlah nara sumber antara lain; VAY Pisith Deputy of Tourism Department and Archeologist of APSARA National Authority, Cambodia dan CHEA Sarith; Taufik Rahzen Tenaga Ahli Menteri Bidang Budaya; Dr. Djoko Dwiyanto.M.Hum Dept. Arkeologi, FIB, UGM; Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra, M.A. Sekolah Pascasarjana Kajian Pariwisata, UGM. (Biro Komunikasi Publik

CEO Bukalapak Minta Maaf, Tagar #Uninstallbukalapak Tetap Jadi Trending

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya, selaku pembicara kunci yang juga akan menyampaikan paparan.

Seminar dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, juga membahas sejumlah persoalan antara lain bagaimana mempopulerkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Boroburur di antaranya dengan memanfaatkan story telling tentang Legenda, nilai-nilai strategis Borobudur dan pemanfaatannya untuk kesejahteraan dan kemanusiaan. (*)

Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved