Politisi Muda PDI Perjuangan Eko Suwanto Tegaskan Komitmen Peningkatan Kesejahteraan Guru dan ASN

Hari ini kita silaturahmi dengan para guru dan ASN di lingkungan Pemda DIY untuk mendengarkan aspirasi.

Politisi Muda PDI Perjuangan Eko Suwanto Tegaskan Komitmen Peningkatan Kesejahteraan Guru dan ASN
Istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam diskusi soal ASN 

TRIBUNJOGJA.COM - Dari total belasan ribu orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemda DIY masih ada 7.355 pegawai yang berijazah S1. Tidak sedikit yang sudah berijazah S2. Namun juga masih ada yang lulusan SD, SMP, SMA, D1/D2 dan sarjana muda.

Ini terungkap saat digelar Forum Diskusi bertema Peningkatan Kesejahteraan dan Kualitas ASN & Guru, Jumat (15/2/2019) di DPRD DIY.

Diskusi kali ini dipimpin Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto didampingi anggota Komisi A, Albani. Adapun narasumber Mulyati Yuni Praptiwi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY serta Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Poniran.

“Hari ini kita silaturahmi dengan para guru dan ASN di lingkungan Pemda DIY untuk mendengarkan aspirasi sekaligus menegaskan komitmen kita untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas fan kompetensi guru dan ASN dilingkungan Pemda DIY” kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto.

Berdasarkan data BKD DIY, dia menyebutkan, sampai 2018, jumlah PNS Pemda DIY total 11.682, dengan rincian 7.355 berijazah S1. S2 sejumlah 941 orang. Sarjana muda 135 orang.

“Yang berijazah D3 ada 580 orang. D1 dan D2 195 orang. SMA 2.024 orang. 230 orang lulusan SLTP dan masih ada 138 orang lulusan SD. Kita apresiasi kerja keras Pemda tingkatkan kualitas ASN. Kita harapkan kedepan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dalam upaya meningkatkan kualitas ASN terlebih lagi bagi para guru, dia mengatakan, Komisi A DPRD DIY berkomitmen mendukung Pemda DIY memberikan beasiswa bagi para guru.

Sebagai gambaran, saat ini terdapat 85 ASN Pemda DIY memperoleh beasiswa melanjutkan jenjang pendidikan dari SMA ke S1.

“Sebenarnya beasiswa S3 sudah ada tetapi belum banyak yang ambil,” kata politisi muda PDI Perjuangan ini.

Untuk itu, dia mendukung kualitas guru juga perlu ditingkatkan melalui kursus maupun pemberian beasiswa dari S1 ke S2 sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Halaman
123
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved