Jelang Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Diharap Fokus pada Visi Misi dan Program

Saat debat pertama, capres cenderung bermain aman dan mengutamakan narasi populer. Sementara, pendalaman materi debat tidak dilakukan

Jelang Debat Capres Kedua, Jokowi dan Prabowo Diharap Fokus pada Visi Misi dan Program
Kompas.com
Grafis Debat Capres Kedua 

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini berharap agar dua calon presiden fokus pada visi, misi, dan program jelang debat kedua Pilpres 2019 pada Minggu (17/2/2019).

Adapun, tema debat kedua terdiri dari energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

"Tema debat tanggal 17 Februari itu adalah tema debat yang berat, isunya itu bisa berdiri sendiri bahkan punya subtema dari isu yang akan disampaikan. Jadi kemampuan pasangan calon untuk konsisten dan fokus pada visi, misi, dan program itu menjadi sangat penting," kata Titi di Bakoel Coffee, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Titi menilai, saat debat pertama, pasangan calon cenderung bermain aman dan mengutamakan narasi populer. Sementara, pendalaman materi debat tidak dilakukan dengan baik oleh pasangan calon.

Hal itu membuat pasangan calon mengesampingkan konsentrasi dan konsistensinya untuk fokus pada materi debat.

Di sisi lain, tim kampanye pasangan calon juga cenderung bicara isu-isu di permukaan dengan manuver saling menyerang dan saling tuding.

Seharusnya, tim kampanye fokus mendukung penyampaian visi, misi, program ke masyarakat.

"Publik itu perlu mendapatkan fokus dari pasangan calon utk mengelaborasi tema debat yang dibahas. Tantangan calon adalah menjaga konsistensi mereka untuk mau fokus di visi, misi, program, dan tidak bicara pada hal normatif," kata dia.

"Jadi bagaimana kedalaman materi kampanye dan substansi gagasan yang dibawa itu mampu dibedah, bukan kemudian yang dikedepankan sekedar show," lanjut Titi. (Dylan Aprialdo Rachman)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Debat Kedua, Dua Capres Diharap Fokus pada Visi Misi dan Program"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved