Breaking News:

Jumlah Penertiban Alat Peraga Kampanye Kota Jogja Tertinggi

Koordinator Divisi Pengawasan, Hukum, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Yogyakarta

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Iwan Al Khasni
Tribun Jogja/Agung Ismiyanto
Sejumlah pengendara melintas di Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang di pohon dekat GOR Amongraga, Senin (9/1/2017). Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta melayangkan surat peringatan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dinilai menyalahi aturan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Koordinator Divisi Pengawasan, Hukum, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro mengatakan bahwa sejak September 2018 hingga Januari 2019 tercatat 2.811 alat peraga kampanye (APK) yang telah ditertibkan pihaknya.

"Jumlah itu terdiri dari APK dari 14 parpol, 7 calon anggota DPD, dan 2 calon presiden dan wakil presiden," ucapnya, belum lama ini.

Penertiban APK tersebut, lanjutnya, menjadi yang paling tinggi di DIY.

Berdasarkan data yang ada, Harsya menyebutkan penertiban APK di Sleman total 1.500 APK, Bantul 1.100 APK, Kulonprogo 800 APK, dan Gunungkidul 2.400 APK.

"Kota bisa tinggi apabila bendera masuk APK. Tapi KPU belum mendefinisikan bendera itu APK. Jadi Bawaslu tidak bisa menertibkan. Kalau kabupaten lain ada yang sudah membuat Perbup dan SK KPU bahwa bendera masuk APK," tandasnya.( *)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved