200 Abdi Dalem Pura Pakualaman Ikuti Cek Kesehatan Gratis

200 abdi dalem Pura Pakualaman Yogyakarta mengikuti bakti sosial berupa cek kesehatan gratis

200 Abdi Dalem Pura Pakualaman Ikuti Cek Kesehatan Gratis
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Pura Pakualaman bekerjasama dengan Bank BNI menggelar bakti sosial berupa cek kesehatan. Sejumlah Abdi Dalem Pura Pakualaman mengikuti cek kesehatan secara gratis dalam rangka Hadeging Kadipaten Pakualaman yang ke-213, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 200 abdi dalem Pura Pakualaman Yogyakarta mengikuti bakti sosial berupa cek kesehatan gratis di Komplek Pura Pakualaman, Sabtu (9/2/2019).

Cek kesehatan gratis ini merupakan inisiasi dari Pura Pakulaman bekerjasama dengan Bank BNI untuk memperingati Hadeging Kadipaten Pakualaman yang ke-213.

Edi Sukoco, Koordinator Baksos Hadeging Kadipaten Pakualaman, menjelaskan dalam peringatan tersebut pihaknya menggelar beberapa kegiatan sekaligus, yakni bakti sosial, donor darah dengan menggandeng institusi bank milik pemerintah.

"Dalam pengecekan gratis ini kami bekerjasama dengan BNI yang sasaran targetnya para abdi dalem Pura Pakualaman yang diikuti kurang lebih 200 abdi dalem," kata Edi saat ditemui TribunJogja.com di sela acara.

Ia mengungkapkan, kegiatan pengecekan kesehatan gratis ini merupakan kali pertama. Sebab, tahun-tahun sebelumnya, rangkaian baksos peringatan tersebut menyasar ke luar Pura Pakualaman.

"Pengecekan kesehatan gratis ini meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan penunjang seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat," ungkapnya.

Edi menjelaskan, baksos pengecekan kesehatan gratis pada peringatan tersebut, pihak Pakualaman lebih memprioritaskan para abdi dalem dan kerabat Pura Pakualaman.

Selain memberikan pengecekan kesehatan tersebut, pihaknya pula turut memberikan dan menyelipkan edukasi-edukasi tentang penanganan masalah penyakit serius.

"Ada edukasi tersendiri bagi mereka untuk bisa memeriksakan penyakitnya dan kebetulan hampir 99persen abdi dalem sudah punya BPJS semua," imbuhnya.

Edi berharap, lewat kerjasama pengecekan kesehatan gratis bersama BNI ini mampu membantu Pura Pakualaman mendeteksi secera dini gangguan kesehatan apa saja yang diidap oleh para abdi dalem.

"Kita bisa tahu persis siapa saja abdi dalem yang menderita sakit, terutama screening terhadap kasus-kasus penyakit menular seperti TBC, Hepatitis. Kalau sudah tahu kan sudah bisa kami bantu dengan kebijakan-kebijakan di Pura Pakualaman," tutup Edi. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved