Pendidikan

UAJY Raih Penghargaan ‘Spirit of the Jessup’

Penghargaan tersebut diberikan kepada tim yang memberikan contoh tebaik tentang semangat persahabatan

UAJY Raih Penghargaan ‘Spirit of the Jessup’
Ist
Delegasi UAJY raih penghargaan dalam The 17th Indonesia National Round of Philip C. Jessup International Court 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Delegasi Univeristas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) raih penghargaan ‘Spirit of the Jessup’ dalam The 17th Indonesian National Round of Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2019.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tim yang memberikan contoh terbaik tentang semangat persahabatan, daya saing dan apresiasi terhadap sesama pesaing.

Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition adalah kompetisi moot court internasional tertua dan terbesar di dunia dalam bidang hukum internasional.

Baca: FE UAJY Resmi Berubah Nama Menjadi FBE UAJY

Kompetisi ini diikuti oleh hampir 700 sekolah hukum di lebih dari 90 negara dalam beberapa tahun terakhir.

Kompetisi tersebut berlangsung dalam dua putaran, National Round dan International Round.

Pada Indonesian National Round tahun ini, Kompetisi ini diikuti oleh 20 tim dari universitas-universitas di Indonesia.

Kartika Paramita selaku Coach Delegasi UAJY mengatakan, bagi UAJY, keikutsertaan dalam Kompetisi Jessup ini merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah.

Inisiatif untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini berawal pada 2017 lalu di mana pendiri dari Atma Jaya Yogyakarta International Law Society (AILS), Philipus Kristanto, menghadiri salah satu workshop yang diadakan oleh Indonesia Society of International Law (ISIL)

"Sejak saat itu mulai mengadvokasi fakultas untuk mengikuti kompetisi ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Jumat (8/2/2019).

Kemudian diikuti dengan keikutsertaan UAJY sebagai observer pada 2018, hingga pada 2019 UAJY dapat mengirimkan delegasi Philip C. Jessup untuk pertama kalinya sebagai competitor.

Penghargaan ‘Spirit of the Jessup’ diberikan oleh Indonesian Society of International Law, yang merupakan penyelenggara dari Putaran Nasional Kompetisi Jessup atas kerja keras dan proses panjang yang dilalui oleh Delegasi UAJY.

"Mulai dari satu orang yang mengikuti workshop Jessu pada September 2017 lalu, menjadi observer, pendirian international law society di FH UAJY,   hingga berkompetisi di tahun 2019," lanjutnya.

Dengan diterimanya Spirit of the Jessup ini, ia berharap Atma Jaya International Law Society dapat  semakin termotivasi untuk mengembangkan international moot court di UAJY.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved