Sleman

Rumah Zakat Beri Pembinaan UKM Desa Berdaya Jogotirto

Relawan Inspirasi menggelar Mentoring Usaha untuk para anggota kelompok UKM binaan di Desa Berdaya Jogotirto.

Rumah Zakat Beri Pembinaan UKM Desa Berdaya Jogotirto
istimewa
Relawan Inspirasi gelar Mentoring Usaha untuk para anggota kelompok UKM binaan di desa Berdaya Jogotirto. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dalam membangun kemandirian para pelaku usaha, Relawan Inspirasi menggelar Mentoring Usaha untuk para anggota kelompok UKM binaan di Desa Berdaya Jogotirto.

Mentoring Usaha ini dihadiri oleh tiga kelompok ekonomi binaan Relawan Inspirasi Desa Berdaya Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Sebanyak 40 anggota mengikuti kegiatan ini.

Kelompok tersebut adalah Kelompok KWT Jelita, Kelompok Kerajinan Jogotirto Craft, dan Anggota sanggar Tirto Madu.

Hasil produksi dari Kelompok KWT Jelita berupa keripik kenikir adalah 178 bungkus, dari Kelompok Kerajinan Jogotirto Craft sebanyak 380 aksesoris, dan produksi sanggar Tirto Madu sebanyak 300 keset dan lampin anyam.

Kepala Dusun Jragung, Tikno mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat ini sangat bagus diikuti oleh ibu-ibu di Desa Jogotirto.

"Nanti kita bisa bekerjasama untuk mengenalkan produk ibu-ibu semua, dan saya akan mengusulkan ke pihak kelurahan, agar kelompok ini mendapat fasilitas lokasi berjualan di lava bantal," ujar Tikno dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Jumat (8/2/2019).

Pada kesempatan ini, Yudiyanto selaku Fasilitator Pemberdaya Ekonomi Rumah Zakat Cabang Yogyakarta memaparkan materi terkait "Strategi usaha milenial", di mana strategi tersebut harus diterapkan di proses bisnis usaha, yaitu di bagian produksi, bagian pemasaran, serta operasional 
     
"Kelompok harus bisa mensejahterkaan anggotanya, karena kelompok sejatinya hanyalah sarana untuk memfasilitasi sebuah usaha bersama," ujar Yudiyanto. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved