Jawa

Peringatan HPN 2019 di Kota Magelang, Budayawan Beri Hadiah Puisi Dharma Warta

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 di Kota Magelang dirayakan dengan Kirab Budaya.

Peringatan HPN 2019 di Kota Magelang, Budayawan Beri Hadiah Puisi Dharma Warta
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 di Kota Magelang dirayakan dengan Kirab Budaya, Kamis (7/2/2019) di Padepokan Gunung Tidar, Kampung Potrosaran, Kota Magelang. Dalam kirab juga diselingi doa bersama oleh tokoh agama, pidato kebudayaan oleh Gus Yusuf, dan pembacaan puisi oleh budayawan, ES Wibowo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 di Kota Magelang dirayakan dengan Kirab Budaya, Kamis (7/2/2019) di Padepokan Gunung Tidar, Kampung Potrosaran, Kota Magelang.

Dari pantauan Tribunjogja.com, dalam kirab juga diselingi doa bersama oleh tokoh agama, pidato kebudayaan oleh Gus Yusuf, dan pembacaan puisi oleh budayawan, ES Wibowo.

"Setelah tinta emas dituliskan. Diqalamkan atasmu kemuliaan. Lalu dengung kabar burung. Ditajam mata penamu larung. Untukmu yang diujar kebencian. Akar teraniaya tumbuh keberanian. Dan dharma warta di palung kalbu. Membabar kebenaran sepanjang waktu," sahut ES Wibowo dalam puisi karyanya yang dibacakannya di depan puluhan pengunjung.

Wibowo menjelaskan makna dari puisi Dharma Warta, yang berarti kekayaan wartawan dalam berita.

Baca: Kawasaki W175 Cafe Bakal Jadi Idola Baru Pecinta Motor Retro

Wartawan harus memiliki kesadaran untuk menyampaikan berita kepada masyarakat luas.

“Dharma dari seorang pewarta adalah menyampaikan berita secara cuma-cuma, dan kita sebagai pemirsa memiliki kesadaran memberikan penghargaan kepada pers atas dharmanya selama ini,” ujarnya.

Kirab budaya ini sendiri dilakukan keliling kampung dan menyusuri Kali Kota menjadi prosesi yang wajib sekali setahun dalam lima tahun terakhir peringatan hari pers.

Setelah kirab, dipertunjukkan pentas seni topeng ireng menjadi hiburan bagi warga.

Segenap warga Kampung Potrosaran Kota Magelang ikut membantu mewujudkan peringatan HPN ini, termasuk segenap elemen masyarakat pun turut terlibat dalam peringatan kali ini, seperti Ponpes Selamat, SD Kanisius, dan SMA 5 Magelang.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved