ADVERTORIAL

Disdukcapil Bantul Sosialisasikan SK Bupati dan Perbup Tentang Kebijakan Kependudukan

Disdukcapil Bantul menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan, Rabu (6/2/2019) pagi di Gedung Pertemuan Kompleks Perkantoran Pemda 2, Manding.

Disdukcapil Bantul Sosialisasikan SK Bupati dan Perbup Tentang Kebijakan Kependudukan
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Sosialisasi Kebijakan Kependudukan tentang pembebasan tarif cek golongan darah dan akta kelahiran online, Rabu (6/2/2019) pagi. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan, Rabu (6/2/2019) pagi di Gedung Pertemuan Kompleks Perkantoran Pemda 2, Manding.

Sosialisasi ini terkait SK Bupati Bantul nomor 556 tahun 2018 tentang pembebasan tarif layanan kesehatan pada pelayanan tes golongan darah dan Perbup nomor 108 tahun 2018 tentang pelayanan akta kelahiran secara online di rumah sakit dan puskesmas.

Baca: Cara Ganjar Membujuk Pengemis Tua dari Wonosari Agar Mau Masuk Panti Sosial

Kepala Disdukcapil Bambang Purwadi menyebut, soal elemen data golongan darah merupakan elemen wajib yang harus ada di dokumen kependudukan.

Namun, kenyataannya 66 persen penduduk Bantul belum memiliki data golongan darah.

"Masih 66 persen yakni 613.071 jiwa dari total jumlah penduduk Bantul semester pada semester 2 tahun 2017 yakni 927.181 jiwa," urai Bambang pada Tribunjogja.com.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

"Inilah latar belakang kenapa sampai terbit SK dan perbup. Itu elemen wajib yang harus ada," lanjutnya.

Disinggung soal banyaknya penduduk yang belum melakukan cek golongan darah, Bambang menatakan kemungkinan hal tersebut karena ketidaktahuan masyarakat.

"Alasan belum periksa, mungkin karena tidak paham atau belum tahu alurnya kalau harus cek golongan darah," katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Puskesmas Kabupaten Bantul, dr Kuncoro Sakti mengatakan masyarakat masih jarang yang melakukan cek golongan darah secara mandiri ke puskesmas.

"Selama ini jarang ada yang cek golongan darah secara mandiri. Karena mungkin mereka tidak tahu juga cek golongan darah fungsinya buat apa," katanya.

Halaman
123
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved