Yogyakarta

Waspada, BMKG Prediksi Hujan Deras Terjadi di Yogyakarta hingga 7 Februari 2019

Masyarakat juga perlu mewaspadai potensi banjir dan longsor akibat hujan deras yang diprediksi hingga 7 Februari mendatang di wilayah ini.

Waspada, BMKG Prediksi Hujan Deras Terjadi di Yogyakarta hingga 7 Februari 2019
IST
Ilustrasi Air hujan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Masyarakat diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi antara 2,5 hingga 4 meter di samudera Hindia atau selatan Yogyakarta.

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi banjir dan longsor akibat hujan deras yang diprediksi hingga 7 Februari mendatang di wilayah ini.

Kepala kelompok data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono menjelaskan, potensi hujan lebat di Yogyakarta berpeluang muncul hingga tanggal 7 Februari.

Penyebab utamanya karena saat ini suhu permukaan laut di wilayah Yogyakarta cukup hangat dan munculnya beberapa daerah tekanan udara di sekitar Australia.

Hal ini menyebabkan terbentuknya pola angin konvergensi atau pertemuan angin yang bisa berdampak pada pembentukan awan-awan hujan di Yogyakarta.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

“Oleh sebab itu masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dengan hujan yang masih berpotensi muncul hingga tanggal 7 Februari 2019,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Selasa (5/2/2019).

Selain mewaspadai gelombang tinggi dari wilayah selatan Yogyakarta, secara umum, masyarakat diimbau agar tetap waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

Seperti diketahui ada 64 kecamatan di wilayah Yogyakarta berpotensi gerakan tanah pada musim penghujan ini.

Bahkan, 17 kecamatan diantaranya mengalami potensi kerawanan menengah-tinggi dan berpotensi terjadinya banjir bandang atau aliran bahan rombakan.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved