Yogyakarta

Hari Ini Tinggi Gelombang Laut Pesisir Selatan Yogyakarta Diprediksi Capai 2,5 Meter

Prakiraan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY mencapai 1,25 – 2,5 meter pada Rabu (5/2/2019) hari ini.

Hari Ini Tinggi Gelombang Laut Pesisir Selatan Yogyakarta Diprediksi Capai 2,5 Meter
commons.wikipedia.org
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Prakiraan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY mencapai  1,25 – 2,5 meter pada Rabu (5/2/2019) hari ini.

BMKG juga merilis peringatan dini untuk waspada terhadap potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang – sore hari di Sleman utara, Kulon Progo utara, dan Gunungkidul utara.

Adapun rekomendasi untuk prakiraan cuaca ini diantaranya adalah meminta masyarakat untuk memangkas dahan pohon yang rimbun/ peremajaan pohon tua berakar dangkal dan memastikan saluran pembuang air lancar serta tidak membuang sampah di sungai/saluran air.

“Selain itu, waspada potensi hujan sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang,” jelas Kepala kelompok data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono pada Tribunjogja.com.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

Masyarakat juga perlu mewaspadai potensi banjir dan longsor akibat hujan deras yang diprediksi hingga 7 Februari mendatang di wilayah ini.

Potensi hujan lebat di DIY berpeluang muncul hingga tanggal 7 Februari.

Penyebab utamanya karena saat ini suhu permukaan laut di wilayah DIY cukup hangat dan munculnya beberapa daerah tekanan udara di sekitar Australia.

Baca: Waspada, BMKG Prediksi Hujan Deras Terjadi di Yogyakarta hingga 7 Februari 2019

Hal ini menyebabkan terbentuknya pola angin konvergensi atau pertemuan angin yang bisa berdampak pada pembentukan awan-awan hujan di Yogyakarta.

“Oleh sebab itu masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dengan hujan yang masih berpotensi muncul hingga tanggal 7 Februari 2019,” ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved