Pemilu 2019

PDIP Gunungkidul Laporkan Pengrusakan APK ke Bawaslu

PDIP Gunungkidul melaporkan pengrusakan alat peraga kampanye (APK) milik partainya oleh orang yang tidak bertanggung jawab ke Bawaslu Gunungkidul.

PDIP Gunungkidul Laporkan Pengrusakan APK ke Bawaslu
Istimewa
FX Endro Tri Guntoro (Tengah) saat melaporkan perusakan alat peraga kampanye (apk) berupa rontek ke Bawaslu Gunungkidul, Senin (4/2/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM - Pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gunungkidul melaporkan pengrusakan alat peraga kampanye (APK) milik partainya oleh orang yang tidak bertanggung jawab ke Bawaslu Gunungkidul.

Bidang Media Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gunungkidul, FX Endro Tri Guntoro mengatakan ada puluhan rontek partainya yang dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dilihat dari kerusakannya, rontek-rontek tersebut sengaja disobek menggunakan benda tajam.

"Ada puluhan APK berupa rontek rusak yang menyebar di semua dapil Gunungkidul. Sayatannya melobangi wajah satu di antara caleg DIY yaitu Wahyu Andre Pradana," tuturnya, Senin (4/2/2019).

Baca: Mbah Sukiyem, Pengaspal Jalan Berusia 90 Tahun yang Pilih Hidup Mandiri

Pihaknya pertama mengetahui dugaan perusakan rontek di wilayah kecamatan Semanu, di sepanjang jalan utama menuju Telaga Jonge rontek mengalami kerusakan.

"Karena banyaknya kerusakan kami berkoordinasi dengan Badan Pemenangan dan relawan kami untuk melakukan pengecekan di masing-masing dapil, perusakan APK ditemui di tiga kecamatan yaitu Karangmojo, Wonosari, dan Playen," tuturnya.

Baca: Kasus Kanker di DIY Cukup Tinggi, Didominasi Kanker Payudara dan Serviks

Ia menuturkan kerusakan rontek secara keseluruhan berada di posisi yang sama yaitu diarea wajah caleg Provinsi DIY.

Atas dasar tersebut pihanya meyakini rusaknya rontek karena dirusak oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

"Pada hari ini kami menyerahkan penuh masalah ini kepada bawaslu Gununkidul dan penegakkan hukum terpadu (gakkumdu) yang didalamnya kepolisian mempunyai kewenangan untuk penyidikan," ujarnya.(tribunjogja)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved