Bantul

HUT ke-100, Skill Competition Pemadam Kebakaran Bakal Digelar di Bantul

Kompetisi ini rencananya akan diikuti oleh personel damkar dari seluruh Kabupaten/Kota DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah

HUT ke-100, Skill Competition Pemadam Kebakaran Bakal Digelar di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Wadan Satgas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul, Yohanes Widiatmoko saat ditemui tengah latihan di Stadion Sultan Agung, Senin (4/2/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Merayakan hari ulang tahun Pemadam Kebakaran (damkar) yang ke-100, Kabupaten Bantul dipersiapkan bakal menjadi tuan rumah skill competition Pemadam Kebakaran.

Kompetisi ini rencananya akan diikuti oleh personel damkar dari seluruh Kabupaten/Kota DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah, meliputi Klaten, Purworejo dan Magelang.

"Maka itu kami perlu persiapan betul. Lomba rencana akan di Lapangan Trirenggo. Melibatkan damkar se-DIY dan akan undang [damkar] tetangga seperti Klaten, Purworejo dan Magelang," kata Wadan Satgas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul, Yohanes Widiatmoko, disela latihan ketangkasan di Stadion Sultan Agung, Senin (4/2/2019).

Baca: Ketika Pemadam Kebakaran Mahir Mainkan Tarian Air

Kata Yohanes, ada tiga ketrampilan yang bakal dilombakan dalam kompetisi tersebut.

Meliputi House Laying yaitu ketangkasan menggelar dan menyemprotkan selang.

Leader Pitching berupa ketangkasan menyiapkan tangga untuk menyelamatkan korban dari atas ketinggian dan Survive, cara petugas damkar bertahan.

"Kita belum pastikan tanggal berapa kompetisi ini. Namun perkiraan awal-awal Maret," tuturnya.

Baca: Helm Khusus Penangkal Sengatan Tawon Ini Hasil Kreasi Damkar Satpol PP Kebumen

Lebih lanjut, ia mengatakan menjelang kompetisi digelar saat ini pihaknya tengah mempersiapkan secara matang kekompakan, ketangkasan dan ketahanan fisik para personel Pemadam Kebakaran.

Menurut dia, latihan ketangkasan anggota damkar sangat penting dilakukan karena sekaligus upaya untuk melatih kedisiplinan.

"Setiap ketugasan. Kita berada dibawah kedisiplinan yang tinggi. Sesuatu akan berakhir baik jika disiplin ditegakkan," ujar dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved