50 Anak Ikuti Pelatihan Musrenbang di otel Prima SR Sleman

Kegiatan yang digelar di Hotel Prima SR ini diikuti oleh 50 anak dari perwakilan Forum Anak Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Sleman.

50 Anak Ikuti Pelatihan Musrenbang di otel Prima SR Sleman
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman gelar Pelatihan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Bagi Forum Anak, Minggu (3/2/2019).

Kegiatan yang digelar di Hotel Prima SR ini diikuti oleh 50 anak dari perwakilan Forum Anak Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Sleman.

Sekretaris Dinas P3AP2KB, Tina Hastani, menjelaskan bahwa pelatihan Musrenbang bagi anak-anak perlu dilakukan untuk melatih mereka sejak dini menyuarakan aspirasinya dalam forum Musrenbang.

Menurutnya, yang bisa mengetahui kebutuhan anak adalah si anak itu sendiri dan pemerintah harus menampung dan melaksanakan apa yang anak-anak aspirasikan.

Tina menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun pembangunan daerah.

Didalamnya terdapat proses untuk menentukan kebijakan masa depan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu di daerah.

Tina berharap dengan pelatihan ini anak-anak Sleman bisa lebih kritis lagi melihat situasi dan turut serta dalam merencanakan pembangunan di wilayah.

Dalam Musrenbang lalu Forum Anak Sleman mengusulkan untuk menambah ruang terbuka hijau.

Pasalnya anak-anak mulai bosan dengan gawainya dan ingin bermain diluar serta berinteraksi langsung seperti jaman dahulu.

"Ini menurut saya merupakan suatu terobosan dari forum anak yang sangat luar biasa karena anggapan dengan gawai bisa menggenggam dunia tidak sepenuhnya berlaku. Mereka tetap butuh ruang bermain untuk berinteraksi dan itu mereka sampaikan," ujarnya.

Paramesti Marsa Agristi, perwakilan Forum Anak Kecamatan Prambanan mengatakan bahwa pelatihan Musrenbang penting bagi anak-anak Sleman.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini maka dapat menambah pengalaman dan pengetahuan serta melatih agar tidak canggung ketika mewakili forum anak di Musrenbang yang sebenarnya. (*)

Penulis: nto
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved